MENU
icon label
image label
blacklogo

Range Rover Velar Mulai Dirakit di India

APR 11, 2019@15:00 WIB | 1,122 Views

Range Rover Velar secara resmi dijual di India pada Desember 2017 lalu. Seperti umumnya mobil Jaguar Land Rover (JLR) yang dijual di negara manapun, saat baru tiba di India, Range Rover Velar juga berstatus CBU dari negara asalnya, Inggris. 16 bulan setelah rilisnya di India, akhirnya JLR India memutuskan untuk merakit Range Rover Velar di negaranya.

Pabrik JLR yang ada di India berlokasi di kota Maharashtra. Adapun dua varian Range Rover Velar yang dirakit di pabrik ini adalah D180, yang merupakan model termurahnya, dan P250. Dari huruf depan yang digunakan, mudah ditebak kalau D adalah kepanjangan dari diesel, dan P adalah petrol, alias bensin.

Range Rover Velar D180 menggunakan mesin berkapasitas 2.0 L dengan tenaga sebesar 178 dk dan torsi 430 Nm. Range Rover Velar P250 sebenarnya juga mempunyai kapasitas mesin yang sama dengan D180. Namun, tenaga yang dihasilkan dari versi bensin ini adalah sebesar 248 dk dan torsinya 365 Nm.

Sebenarnya masih ada lagi dua varian Range Rover Velar yang dijual di India, yaitu D300 dan P300. Kedua varian tersebut tetap akan dijual dalam status CBU dari Inggris. Tidak diketahui alasan kenapa JLR India tidak merakit kedua varian tersebut secara lokal, dan lebih memilih untuk tetap mendatangkannya dari Inggris.

Dikutip dari indianautosblog.com, ke depannya, JLR India akan membangun fasilitas perakitan mesin ingenium di pabrik Maharashtra. Tujuan dari rencana ini pastinya adalah untuk dapat semakin menekan harga jual Range Rover Velar hingga ‘semurah’ mungkin. Tapi karena masih sebatas wacana, makanya belum ada kejelasan soal penambahan fasilitas tersebut.

Satu hal yang pasti dialami oleh mobil-mobil yang statusnya berganti dari CBU ke CKD adalah harga jualnya yang menurun. Buktinya, saat masih berstatus CBU, Range Rover Velar D180 dijual dengan harga 8.29 juta rupee (sekitar Rp 1.69 miliar). Tapi setelah dirakit secara lokal, harganya turun menjadi 7.24 juta rupee (sekitar Rp 1.48 miliar).

Konsumen Range Rover di India sudah bisa memesan Velar CKD mulai dari sekarang. Tapi, mereka tidak langsung mendapatkan unitnya karena mobil ini direncanakan baru akan didistribusikan ke konsumennya pada Mei mendatang.

Tags :

#
range rover,
#
velar,
#
range rover velar