MENU
icon label
image label
blacklogo

Pulse Autocycle 1986, Sepeda Motor Bersayap Dengan Mesin Honda

JUL 22, 2021@14:00 WIB | 68 Views

Tahun 1980-an adalah dekade yang aneh untuk mobil, contohnya adalah Nissan Pulsar Sportback, limusin Chrysler berbasis K-Car dan Ford EXP. Tapi tak satu pun dari kendaraan ini yang seaneh Pulse Autocycle, sepeda motor-mobil hybrid bersayap.

Kendaraan ini dirancang oleh insinyur pesawat terbang Jim Bede dan diproduksi oleh Owosso Motor Car Company di Michigan antara tahun 1985 dan 1990. Terinspirasi oleh jet tempur dan pesawat kecil BD-5 milik Bede, Pulse Autocycle memiliki dua roda, menyediakan ruang untuk dua orang di bawah atap kecil dan terlihat seperti kokpit pesawat dengan sayap kecil di sampingnya. Setiap sayap menyembunyikan roda delapan inci yang membantu mobil menjaga keseimbangan.

Siapapun yang melihat kendaraan itu pasti penasaran dan banyak yang memperkirakan kecepatannya bisa mencatat 100 mph (161 kph) dan lepas landas. Namun sayangnya Pulse Autocycle tidak mampu melakukan semua itu. Meskipun produksi berlangsung selama lima tahun, perusahaan yang berbasis di Michigan hanya membangun sekitar 350 unit.

Autocycle juga tidak memiliki penggemar yang konsisten, contohnya muncul di pasar mobil bekas dari waktu ke waktu. Harganya pun tidak terlalu murah. Contoh kendaraan yang dicat merah ini muncul di Galion, Ohio, dan terlihat masih bagus untuk usianya. Tapi itu sebagian besar karena telah direstorasi dan dilengkapi dengan beberapa peningkatan.

Misalnya, mesin yang dipasang adalah baru pada tahun 2004. Mesin itu berkapasitas 582cc (35,5 inci kubik) dari skuter Honda Silver Wing, yang akan menghasilkan sekitar 50 hp (tenaga kuda) jika masih stok pabrik. Banyak Autocycles biasanya dilengkapi dengan mesin Honda Goldwing yang lebih besar dengan tenaga 94 hp (tenaga kuda), tetapi 50 hp (tenaga kuda) tidak ada artinya mengingat bobot kendaraan yang rendah.

Penjual menambahkan bahwa interiornya serba baru dan foto-foto tersebut memperlihatkan sepasang kursi yang tampak asli dengan jok merah dan putih, setir bergaya kuk dan bahkan pemutar CD. Semuanya berfungsi sebagaimana mestinya.

Pulse Autocycle mungkin mengingatkan banyak orang tentang Messerschmitt KR, yaitu mobil mikro yang dibuat selama dua generasi dari tahun 1953 hingga 1964. Roda tiga produksi Jerman itu juga terinspirasi oleh pesawat terbang, yang diproduksi pada masa ketika Messerschmitt tidak diizinkan untuk membuat pesawat terbang. Tapi KR175 dan KR200 tidak memiliki sayap, jadi bisa dibilang Autocycle memiliki desain yang sedikit lebih eksotis.

Lalu berapakah harga Pulse Autocycle saat ini? Dilansir dari berbagai sumber, Autocycle dijual oleh akun eBay ‘investments2001’ melalui sistem lelang dan kini harganya menyentuh 9.600 US Dollar atau sekitar 134 juta rupiah.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
pulse autocycle 1986,
#
sepeda motor,
#
sepeda motor bersayap,
#
honda,
#
mesin honda,
#
owosso motor car company