MENU
icon label
image label
blacklogo

Pemesanan Callum Skye Dibuka, Harganya Tembus 1 Miliar

MAY 21, 2024@12:52 WIB | 113 Views

Callum Skye, mobil sport listrik segala medan yang dibuat oleh mantan desainer Jaguar Ian Callum, kini tersedia untuk dipesan, dengan harga mulai £80,000 atau sekitar 1,6 Miliar Rupiah.

Mobil pesanan pertama dari agensi desain Callum telah mulai dijual tepat sebelum debut publiknya di Savile Row Concours minggu ini di London, yang telah diumumkan dalam bentuk digital akhir tahun lalu.

Harga untuk versi produksi berkisar antara £80.000 hingga £110.000 (2 Miliar Rupiah), membuat EV off-road ini bersaing dengan Ariel Nomad yang dirancang serupa, yang akan memasuki generasi keduanya akhir tahun ini, dengan opsi listrik akan menyusul.

Skye akan tersedia dalam dua versi: satu lebih disesuaikan dengan kemampuan off-road, dan yang lainnya untuk dinamika on-road.

Callum belum mengatakan berapa banyak yang akan dihasilkannya, tapi ini akan menjadi proposisi “eksklusif”. 

Diposisikan sebagai mobil kompak bermesin ganda, berpenggerak empat roda, dua pintu dengan distribusi bobot 50:50, mobil ini memiliki baterai 42kWh yang mampu diklaim mampu menempuh jarak 170 mil. Perusahaan juga mengatakan mobil listrik berbobot 2.535 lb (1.150 kg) ini akan mampu berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam waktu kurang dari empat detik.

Meskipun sejumlah spesifikasi masih belum dikonfirmasi, Callum memperkirakan model tersebut akan menjadi salah satu kendaraan listrik dengan pengisian daya tercepat di pasar. Secara khusus, perusahaan mengatakan akan ada “baterai pengisian ultra cepat” opsional yang dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu kurang dari sepuluh menit.

Berukuran panjang 4047mm dan lebar 1900mm, Skye memiliki dimensi kompak yang serupa dengan Renault Clio dan Dacia Sandero.

Sasisnya terbuat dari spaceframe baja yang kokoh dengan banyak ground clearance dan travel untuk suspensi independen yang dipesan lebih dahulu, dan mendukung bodi komposit ringan dengan bobot total 1.150kg - menjadikannya salah satu EV paling ringan di pasar.

Callum juga untuk pertama kalinya memperlihatkan interior Skye yang didesain mencerminkan eksterior namun dengan fokus minimalis. Ia memiliki konsol tengah bertumpuk dengan tombol putar layar sentuh untuk mengontrol pemanas dan ventilasi, mirip dengan Jaguar F-Type. Di atas dashboard terdapat layar sentuh tengah, yang ukurannya belum diketahui, dengan mirroring smartphone.

Sesuai dengan kemampuannya yang serbaguna, bagasi Skye dapat diakses melalui pintu belakang berengsel, dan bangku belakang - cukup besar untuk anak-anak - dapat dilepas seluruhnya untuk mendapatkan ruang tambahan.  [wic/timBX].

Tags :

#
callum,
#
callum skye,
#
pre-order skye,
#
callum skye 1 milliar

X