MENU
icon label
image label
blacklogo

Posisi Dovizioso Makin Sulit di MotoGP 2022, Setelah Vinales Mendekati Aprilia Racing

JUL 25, 2021@13:00 WIB | 176 Views

Aprilia mulai dekat dengan Vinales, jika pembalap Spanyol tersebut siap downgrade gaji yang diterima tidak sebesar di Yamaha. Disisi lain Andrea Dovizioso di usianya 35 tahun tetap tidak ingin menjadi pembalap utama di Aprilia. Dirinya lebih memilih menjadi pembalap tester, daripada menjadi pembalap harian di sebuah tim.  Itu semua rumor yang berdesus kencang di  seputar line up pembalap tahun 2022. Apakah Dovi bakal berlabuh di Petronas Yamaha, itu juga menjadi teka-teki atas tiga kali runner up MotoGP tersebut.

Faktanya, Dovi sekarang sudah menyelesaikan beberapa tes untuk Aprilia Racing dan untuk sementara berharap kontrak kerja untuk musim 2022. Nama Maverick Vinales masuk, sebagai  pembalap 10 tahun lebih muda ada di ambang pintu, meski “Dovi ” berstatus sebagai pembalap 6 kali lebih banyak kemenangan  sekaligus menjadi runner-up di dunia tiga kali, Vinales belum pernah.


Harapan Dovi untuk bisa menggantikan Vinales di Monster Yamaha pada 2022 juga pupus. Pasalnya, Franco Morbidelli telah mendapat persetujuan dari kepala tim Petronas Yamaha Razlan Razali dan akan berlaga di Tim Pabrik Yamaha bersama pemimpin kejuaraan dunia Fabio Quartararo pada 2022.


Bagaimanapun Dovi, 35 tahun  tidak merasa seperti pensiunan MotoGP. “Tidak, karena saya merasa kompetitif, saya merasa kuat. Tahun 2020  posisi saya di urutan keempat di Piala Dunia. Saya merasa kuat, ”tegas runner-up MotoGP tiga kali, yang juga akan menguji RS-GP 21 untuk Aprilia.

Di Tim Balap Pabrik KTM Tech3 pendamping Remy Gardner masih terbuka. Tapi Dovizioso tidak mungkin. "Topik Dovizioso tidak ada bersama kami," Pit Beirer meyakinkan SPEEDWEEK.com. Race director KTM pun memberikan alasan atas strategi ini. “Perubahan generasi sedang terjadi di kelas MotoGP. " Sistem ini telah membuktikan dirinya dengan sangat baik dengan Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Adapun Dovizioso dan Aprilia Racing, veteran itu memutuskan untuk tidak mengikuti balapan dengan RS-GP 21 untuk saat ini. Dovi menjelaskan di musim semi bahwa dia tidak tertarik dengan taruhan wildcard individu. Dia ingin menjadi sopir biasa lagi - dan tidak bekerja sebagai pekerja harian. Dovi lebih suka bersenang-senang dengan peran sebagai test driver.

Sejauh ini sulit untuk menilai apakah ada kemungkinan untuk 2022. Vinales tampaknya telah mencapai kesepakatan dengan Aprilia Racing. Maka pintu ini akan tertutup.Di Yamaha sejauh ini belum ada sinyal positif. Setelah pengalaman positif dengan Fabio Quartararo dan Framco Morbidelli, Yamaha lebih memilih sistem dengan pilot muda.


Vinales telah mengantongi upah tahunan sebesar 6,5 juta euro di Yamaha. Di Aprilia dia harus puas dengan 1,5 hingga 2 juta. Lebih banyak tidak direncanakan dalam anggaran untuk pembalap kedua selain Aleix Espargaró.
Karier Vinales selanjutnya ditangani oleh Giovanni Balestra. Dia berpisah dari pengacara Spanyol Paco Sanchez setelah hampir lima tahun. Pada musim semi 2016 ia merundingkan kontrak karya Yamaha. Namun, sepertinya Aprilia akan menjadi perhentian Vinales berikutnya. Maverick sekarang dalam posisi canggung karena harus mengendarai sepeda motor yang lebih rendah untuk seperempat dari biaya sebelumnya.

Andrea Dovizioso bisa jadi salah satu korban transfer ini. “Saya dapat menjawab pertanyaan apakah Dovi memiliki prospek untuk pembalap reguler untuk kontrak untuk 2022," kata manajernya Simone Battistella yang belum bisa memastikan isu tersebut.[Ahs/timBX]

Komposisi tim-tim rider MotoGP pada 2022
 
Repsol Honda
Marc Márquez, Pol Espargaró
Tim Ducati Lenovo
Jack Miller, Pecco Bagnaia
Monster Energi Yamaha
Franco Morbidelli?, Fabio Quartararo
Suzuki Ecstar
Alex Rins, Joan Mir
Balap Pabrik KTM Red Bull
Brad Binder, Miguel Oliveira
Tim Balap Aprilia
Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso? Maverick Vinales?
Balap Pramac
Jorge Martin, Johann Zarco
ARAMCO Sky VR46 Racing46
Luca Marini, Marco Bezzecchi?
Petronas Yamaha SRT
Andrea Dovizioso? Valentino Rossi? Augusto Fernandez?
LCR Honda
Alex Marquez, Takaaki Nakagami
KTM Tech3
Remy Gardner, Danilo Petrucci? Iker Lecuona? Raul Fernandez?
Gresini Ducati Racing
Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio 
 

Tags :

#
andrea dovizioso,
#
maverick vinales,
#
aprilia racing,
#
petronas yamaha,
#
skuad rider motogp 2022