MENU
icon label
image label
blacklogo

Pontiac GTO 1969, Muscle Car yang Bakal Mejeng di SEMA 2020, Tenaganya 1000 hp Lebih

MAY 28, 2020@12:53 WIB | 160 Views

Pontiac GTO salah satu muscle car dibawah divisi Pontiac General Motor yang sempat meramaikan dunia muscle car di era 1964-1974, dengan dua varian Pontiac Tempest, dan Pontiac Grand Prix. Jika dalam foto tersebut terlihat modifikasi mengarah pada second generation, bagaimana membandingkan detail desain pabrikan dengan all-custom GTO berikut ini.

Secara basic memang Pontiac GTO ini lebih dekat dengan GTO 1969, sebagai model kedua yang diinkarnasi sebagai muscle car. Pro Comp Custom mencoba membangun body GTO gen 2 ini sebagai langkah restomod. Bagaimana kinerjanya, kita bahas lebih detailnya.

Restomod, adalaha upaya gabungan restorasi mobil langka dan modifikasi dalam satu pengerjaan. Maka tidak heran para kru Pro Comp Custom memotong rooftop 3 inci lebih rendah. Sementara bagian body juga dipotong 4,5 inci, terlihat bagaimana model asli dengan body yang lebih bongsor, sementara versi restomod lebih landai, dengan lekukan body  dari fender depan hingga belakang. Titik itulah menjadi perkawinan restorasi dan modifikasi yang lebih counterculture dengan perubahan vertikal yang ekstrim.

Fender body dibuat lebih lebar, titik ventilasi dengan dua lubang di fender roda depan dan fender roda belakang.  Sementara bagian bonnet telah dipasang diffuser yang mengilhami aura modern racing. Kap mesin diberikan air scoop dua titik, ruang antara bumper dan diffuser ditambahkan dua lubang besar untuk air dam. 

Pembahasan body selesai, bagaimana dengan sasis? Ini menjadi pembahasan yang tak kalah penting. Dengan body Pontiac GTO lebih rendah, sasis yang akan dipasangkan milik Art Morrison GT-Sport. Dilengkapi dengan inner angled frame rails yang diselipkan dibawah body, sehingga sasis ini hanya sesuai dengan project ini saja.

Bagaimana dengan sektor engine? Anda tidak perlu khawatir, mengingat mesin V8 muscle bakal menyemburkan tenaga 1000 hp, bakal digarap oleh Sonny's Racing Engines yang telah berpengalaman 50 tahun lebih. Bagaimana kelanjutan misi Restomod Pontiac GTO ini, kita akan saksikan kehadirannya di SEMA Show 2020 pada bulan November nanti di Las Vegas. Harapan terbesar, Amerika Serikat cepat pulih terhadap pandemi Corona.[Ahs/timBX]

Tags :

#
pontiac gto,
#
pontiac gto muscle car,
#
restorasi modifikasi,
#
modifikasi mobil,
#
pro comp custom,
#
art morrison gt-sport,
#
sema 2020