MENU
icon label
image label
blacklogo

Pininfarina Bocorkan Nama Hypercar Tercepat di Dunia

DEC 11, 2018@09:30 WIB | 1,148 Views

Automobili Pininfarina telah mengumumkan nama hypercar elektrik yang akan dipamerkan pada Geneva Motor Show 2019. Ketika Los Angeles Auto Show kemarin, Pininfarina memang memeriahkan acara tersebut dengan meluncurkan gambar-gambar terbaru serta membuat serangkaian pengumuman mengenai rangkaian masa depan kendaraan listriknya.

Nah kini, ada bocoran tentang nama mobil Italia tersebut. Hypercar yang diklaim sebagai jet darat paling kuat dan paling cepat tersebut akan dinamakan Battista. Nama tersebut dibuat sebagai penghormatan bagi pendiri perusahaan, Battista ‘Pinin’ Farina. Waktu peluncuran pasarnya pun telah diatur pada akhir 2020, bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Carrozzeria Pininfarina, rumah desain terkenal yang kini memulai babak baru sebagai produsen mobil.

“Ini benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Kakek saya selalu memiliki visi bahwa suatu hari akan ada mobil-mobil bermerek Pininfarina yang berdiri sendiri. Hypercar ini akan menghasilkan kinerja yang mengalahkan dunia, inovasi teknologi, dan tentu saja gaya elegan. Bagi saya, kami harus menyebutnya Battista,” kata ketua Pininfarina SpA, Paolo Pininfarina.

Pininfarina Battista memang diklaim sebagai mobil tercepat dan paling kuat yang pernah dirancang dan diproduksi di Italia, menurut Automobili Pininfarina. Sebelumnya, Pininfarina Battista dikenal dengan codename PF0. Tentu klaim tersebut sangatlah beresiko cukup besar. Pasalnya, Pininfarina sesumbar di sebuah negara yang memiliki nama-nama besar di dunia hypercar seperti Ferrari, Lamborghini, Maserati, dan yang baru-baru ini, Pagani.

Powertrain Battista yang tersedia akan menghasilkan output total 1.900 Hp dan torsi puncak 2.300 Nm. Pininfarina sendiri mengatakan bahwa Battista memiliki potensi untuk berakselerasi dari 0 hingga 62 mph atau 0-100 km / jam dalam waktu kurang dari 2 detik, membuatnya lebih cepat daripada mobil Formula 1. Selanjutnya, Battista akan dapat menembus kecepatan tertinggi dengan catatan 402 km / jam.

Hypercar berbadan karbon ini akan dibuat di markas Pininfarina SpA di Cambiano dekat Turin. Perkiraan harga bervariasi antara $ 2 juta (Rp 29,3 milyar) dan $ 2,5 juta (Rp 36,6 milyar). Dari total produksi 150 mobil, 50 unit akan dialokasikan ke Amerika Serikat, 50 ke Eropa, dan 50 ke Timur Tengah dan Asia.[rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
automobili pininfarina,
#
hypercar,
#
battista,
#
pf0,
#
the fastest car