MENU
icon label
image label
blacklogo

Perkenalkan Mobil Konsep Vision AVTR, Berinteraksi dengan Human

JAN 07, 2020@20:10 WIB | 277 Views

Di gelaran CES 2020, Mercedes Benz memperkenalkan sebuah concept car, yang cukup imaginer, liar dan teknologi tinggi. Mercedes Benz menyebutnya sebagai Vision AVTR, sebuah kolaborasi antara desainer Mercedes dengan film blockbuster Avatar 2009. Sebagai car show, mobil ini adalah bagian dari rencana automaker Jerman  menggunakan spirit Avatar untuk mobilisasi yang lebih ringan di Bumi beberapa dekade mendatang.

AVTR kependekan dari Advanced Vehicle Transformation. Sebuah teknologi yang meningkatkan konektivitas pengemudi dengan lingkungan sekitar dan mobil itu sendiri. Reviewer @Supercar Blondie mencobanya meletakkan telapak tangannya  dibagian konsol tengah, dan seketika merasakan pulse 'denyutan' mobil, sebagai balasan atas denyutan jantung pengemudi. 

"Teknologi ini menggabungkan mobil dan pengemudi menjadi sebuah kesatuan organisme yang hidup," tutur Gordon Wagener, Chief Design Officer Mercedes Benz.

Vision AVTR memiliki sirip aerodinamika dibelakang, yang mampu meniru pergerakan rambut atau seekor binatang saat bergerak atau berlari. Semua bergerak mengikuti gestur gerak tangan kita atau arah angin saat bergerak.

"Ini seperti mobil bicara pada kita, sirip aerodinamika bergerak cukup reflektif, seperti bukan sebuah gerak motoris mesin," tutur Alex pemilik akun Supercar Blondie. 

Sektor interiornya memiliki dashboard melengkung yang memproyeksikan  melihat kekuatan yang tak terlihat oleh mata manusia seperti, medan magnet. Demikian menurut Vera Schmidt, director of advance experience design.

Sedangkan direktur Avatar, James Cameroon naik keatas panggung dengan Kepala Mercedes Ola Kallenius mendiskusikan hasil kerjasama kedua perusahaan dalam kolaborasi apik ini.

"Saya melihat manifestasi fisik yang cukup nyata, menjadi bagian dari filosofi, ide dan ide spiritual," tutur Cameron.

Beberapa material terbuat dari kayu mempertegas karakteristik kehidupan avatar yang tidak jauh dari hutan dan kehidupan teknologi.  Hal yang mengejutkan adalah bagian ban yang mampu berinteraksi dengan warna-warna pilihan.

Vision AVTR adalah bagian dari  konsep seni dari skuel cerita Avatar, dan menjadi klimax dari sebuah film. Adalah Kallenius akhirnya membuat desain lebih tampak nyata. Hal itu menjadi bagian dari inisiasi ambisi sebuah mobil masa depan 2039, dimana tahun tersebut semua kendaraan telah bebas dari polusi karbon. Termasuk dalam pembuatan atau proses produksinya tentunya.

Mercedes telah menjalin kerjasama menciptakan kendaraan yang bebas carbon dalam dua dekade mendatang. Komitmen tersebut diwujudkan dan menjadi bagian keinginan perusahaan dalam mengurangi konsumsi energi lebih dari 40 persen per mobil. Kini ada dua manufaktur karbon netral di Eropa, sebagai bagian dari Mercedes yang akan diteruskan di tahun 2022 dibeberapa titik di dunia.[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
mercedes benz,
#
vision avtr concept,
#
ces 2020