MENU
icon label
image label
blacklogo

Paket EV Apple Semakin Menarik

JAN 18, 2021@06:00 WIB | 716 Views

Apple diduga telah mengadakan pembicaraan rahasia dengan startup California Canoo. Proyek kendaraan listrik Apple yang on-again dan off-again tampaknya kembali berjalan menyusul terungkapnya raksasa teknologi itu dalam diskusi dengan Hyundai Motor Group untuk bersama - sama mengembangkan EV. Jika proposal disetujui, Apple dapat meluncurkan kendaraan seperti itu pada tahun 2024. Tetapi tampaknya Hyundai bukan satu-satunya perusahaan yang diajak bicara oleh Apple.

Menurut The Verge, perusahaan rintisan yang berbasis di Apple dan California, Canoo, mengadakan pertemuan pada paruh pertama tahun 2020 di mana banyak pilihan ada di atas meja, termasuk investasi dan bahkan akuisisi langsung. Apa yang ditawarkan Canoo? Sebuah scalable "skateboard" EV Platform. Canoo, yang go public musim panas lalu, sudah bekerja dengan Hyundai untuk bersama-sama mengembangkan arsitekturnya. Tapi tidak seperti, katakanlah, platform skateboard EV Rivian sendiri, desain Canoo mengintegrasikan lebih banyak sistem elektronik mobil yang memungkinkan lebih banyak tata letak kabin.

Fitur lain termasuk teknologi steer-by-wire yang belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh pesaing. Canoo juga mengalami masalah keuangan yang serius saat pembicaraan berlangsung dan Apple bisa datang untuk menyelamatkannya. Ingat, ini terjadi sebelum Canoo mengeluarkan IPO-nya, akibat dari pembicaraan yang gagal. Canoo masih bertujuan untuk membangun kendaraan komersial seperti van pengiriman dan truk makanan.

Sekarang setelah memiliki uang tunai yang sangat dibutuhkannya di awal tahun lalu (setelah mengumpulkan hampir $ 600 juta (sekitar Rp8,4 triliun) dari IPO, sekarang kemungkinan besar hal itu akan terjadi. Belum ada pembaruan tambahan terkait pembicaraannya dengan Hyundai, yang akan segera meluncurkan sub-merek EV-only miliknya, Ioniq. Model pertamanya, Ioniq 5, hanya beberapa minggu lagi dari debut resminya.

Adapun Apple, tidak ada perusahaan yang mengomentari apakah diskusi masih berlangsung. Namun, Canoo menyatakan dalam pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa bahwa pihaknya "saat ini sedang berdiskusi dengan beberapa peserta industri blue-chip lain yang tertarik untuk memanfaatkan teknologi dan keahlian teknik Canoo untuk produk komersial mereka sendiri." Bergantung pada keinginan Apple untuk memiliki EV dalam tiga tahun ke depan atau lebih, kesepakatan dengan Canoo pasti dapat membantu, tetapi pemain besar seperti Hyundai akan langsung memberikan akses ke keahlian industri otomotif selama bertahun-tahun. [ibd/timBX]

Tags :

#
paket ev apple,
#
startup california canoo,
#
apple,
#
ev apple