MENU
icon label
image label
blacklogo

Optimisme Seorang Joan Mir Menghadapi Paruh Kedua MotoGP

JUL 28, 2021@13:00 WIB | 191 Views

Memasuki paruh musim tahun  2021, Joan Mir berharap spirit positif dari kinerja GSX-RR tunggangannya. Di tahun lalu memasuki Styria di Red Bull Ring, Joan Mir juga tidak terlalu signifikan. Terpaut jauh dengan pemimpin  lomba saat itu, Mir terpaut 48  point dengan pimpinan klasemen.  Namun akhirnya berhasil unggul didepan Morbidelli di akhir musim.


Mir berasa mempertahankan gelar terbukti sulit bagi dirinya untuk tim Suzuki di paruh pertama Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Namun, pembalap Spanyol itu begitu yakin tentang balapan yang akan datang.

Faktor pertama, Joan Mir berada di urutan keempat dalam klasemen kejuaraan, 55 poin di belakang pemimpin Fabio Quartararo (Yamaha).  Tempat ketiga di Assen sebelum liburan musim panas adalah podium ketiga musim ini untuk juara dunia tahun sebelumnya, sebelum dia juga finis ketiga di Portimo dan Mugello. Seperti tahun lalu, Joan Mir belum mendapatkan podium utama.

Pembalap Spanyol berusia 23 tahun tahu bahwa lebih banyak yang dibutuhkan untuk berhasil mempertahankan gelarnya: "Paket GSX-RR saat ini mungkin tidak cukup baik untuk memenangkan gelar," katanya berterus terang setelah Assen Belanda.


Tapi menurutnya, kondisi itu harus berubah: "Saya mengharapkan peningkatan pada sepeda motor dan saya yakin paruh kedua musim akan lebih baik untuk Suzuki dalam segala hal," kata Mir di laman speedweek.com.
Ketika ditanya hadiah apa yang diharapkan seorang Mallorcan dari Suzuki untuk GSX-RR, dia menjawab sambil tertawa: "Tidak terlalu, saya tidak mengharapkan sepeda motor baru - tapi kami juga tidak membutuhkannya."


Apa yang ada di bagian atas daftar keinginannya dari sudut pandang teknis sudah diketahui dengan baik: "Set up ride height adjuster", perangkat untuk menyesuaikan ketinggian pengendaraan, yang digunakan untuk menurunkan bagian belakang mesin saat mengemudi. "Karena ada banyak rute yang membuat perbedaan besar."

Rekan setimnya Alex Rins berbicara dari 0,3 hingga 0,4 detik per putaran, tergantung pada rute - dan dia mengungkapkan bahwa peningkatan yang ditunggu-tunggu ini dapat tersedia untuk pembalap pabrik Suzuki dari balapan Spielberg kedua.

Punggawa Suzuki di Hamamatsu Jepang sudah mempersiapkan teknologi tersebut dan mengkonfirmasi kepada Rins. "Saya tahu bahwa mereka bekerja keras. Mereka menginginkan hal yang sama seperti saya, kami memiliki tujuan yang sama. Saya dapat melihat bahwa [Pemimpin Proyek] Sahara dan semua orang di Jepang sadar,  bahwa kami perlu meningkatkan performa dan permainan. Itu membuatku senang karena aku menginginkan hal yang sama."

Pada saat yang sama, juara dunia dua kali itu juga fokus pada dirinya sendiri selama liburan musim panas: “Saya mencoba menjadi lebih baik, meningkatkan keterampilan saya dan menjadi pembalap yang lebih baik - mereka mencoba membuat motor yang lebih baik. Penting bahwa keduanya bekerja ke arah yang sama - dan saya yakin mereka juga melakukannya." [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
joan mir,
#
suzuki ecstar,
#
semester 2 motogp 2021