MENU
icon label
image label
blacklogo

Opel Umumkan Uji Jalan Untuk Sel Bahan Bakar Zafira Life

OCT 29, 2020@11:00 WIB | 357 Views

Bos Opel, Michael Lohscheller, telah mengungkapkan bahwa produsen mobil Jerman itu merencanakan uji jalan pertama dengan mobil sel bahan bakar pada tahun 2021. Menurut laporan di sebuah surat kabar Jerman, Opel bermaksud untuk melengkapi sejumlah kecil van keluarga Zafira dengan sel bahan bakar hidrogen.

Ketika Opel mempresentasikan langkah selanjutnya dari serangan listriknya tahun lalu, ia telah menekankan peran kunci yang akan dimainkan Zafira Life dalam perkembangan masa depan. Perusahaan yang berbasis di Rüsselsheim itu ingin mengembangkan mobil sel bahan bakar berbasis MPV. Opel belum mengkomunikasikan data teknis mengenai kendaraan tersebut, namun menurut Frankfurter Allgemeine Zeitung perkembangannya sekarang sangat maju sehingga uji jalan dapat direalisasikan tahun depan.

Opel bertanggung jawab atas pengembangan sel bahan bakar dalam grup PSA. Di Rüsselsheim, perusahaan mengoperasikan pusat kompetensi yang disebut Hidrogen & Fuel Cells di kantor pusatnya. Dalam pekerjaannya saat ini pada drive FC baru untuk Zafira Life, produsen mobil tersebut dapat membangun pengalaman bertahun-tahun dalam pengembangan teknologi ini di bawah mantan perusahaan induknya, GM. Opel telah mempertahankan Alternative Propulsion Centerdi Mainz-Kastel dari tahun 1997 hingga 2012. Pada tahun 2000, kendaraan sel bahan bakar pertama Opel yang didasarkan pada generasi Zafira pertama dikembangkan di sana bekerja sama dengan GM, HydroGen1.

Sekitar dua tahun kemudian, Opel mempresentasikan model penerus HydroGen3. Dalam model ini, penggerak FC dapat diintegrasikan ke dalam kendaraan dengan subframe yang sama dengan mesin konvensional. Opel juga memasang tangki penyimpanan hidrogen terkompresi 700 bar. Generasi berikutnya akhirnya menyusul dengan HydroGen4, yang tumpukan 440 selnya menghasilkan output konstan 93 kW. Dalam kombinasi dengan tangki 700 bar yang terpasang dengan kapasitas penyimpanan H2, 4,2 kilogram, kendaraan ini mampu menempuh jarak hingga 420 kilometer. Mulai tahun 2008, 30 kendaraan Opel HydroGen4 dioperasikan di bawah atap GM sebagai bagian dari program demonstrasi pemerintah Jerman.

Opel ingin membuatnya kembali ke zona keuntungan dengan strategi elektrifikasi dan melistriki semua seri model pada tahun 2024. Merek tradisional berfokus pada elektrifikasi vannya yaitu baik untuk mengangkut barang atau penumpang.

Dalam wawancara dengan surat kabar Frankfurter Allgemeine Zeitung, Michael Lohscheller menekankan bahwa Opel “benar-benar mampu memberikan” model listriknya. Seseorang melihat asupan pesanan yang sangat kuat untuk model berlistrik. Opel meningkatkan volumenya dari bulan ke bulan, "Di pasar besar, versi E dari Corsa menyumbang sekitar 30%".

Meskipun sel bahan bakar hidrogen semakin banyak digunakan untuk kendaraan tugas berat dan jarak jauh daripada kendaraan yang lebih kecil, bus antar-jemput dan van penumpang juga mengalami peningkatan penerapan teknologi sel bahan bakar hidrogen. Di antara yang lain, pabrikan China SAIC telah mengumumkan bahwa mereka akan membawa setidaknya sepuluh kendaraan sel bahan bakar ke pasar dalam lima tahun ke depan dan tampaknya berfokus pada van penumpang yang lebih kecil serta kendaraan komersial. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
opel,
#
bos opel,
#
michael lohscheller,
#
produsen mobil jerman,
#
el bahan bakar zafira life