MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Qashqai Besutan SVM, Tercatat sebagai SUV Tercepat di Dunia

APR 27, 2018@15:00 WIB | 225 Views

(Bagian ruang mesin yang dimodifikasi total oleh SVM, Inggris)

Nissan Qashqai ditangan tunner Severn Valley Motorsport (SVM) telah menghasilkan tenaga 2000 hp dan mampu berakselerasi hingga 237,8 mph. Kecepatan Qashqai melewati kemampuan Koenigsegg Agera RS yang hanya mampu berlari 221,3 hp. Sejak pengujian ini Nissan Qashqai dinobatkan sebagai SUV tercepat di dunia.

Qashqai sebagai SUV Compact, untuk generasi saat ini terjual dengan nama Rogue Sport. Kapasitas mesinnya 1200cc untuk manual, hingga versi diesel berkapasitas 1500 cc dengan turbo dan 1600 cc dCi berteknologi turbodiesel. Kalangan otomotif menyebutnya sebagai baby X-Trail.

(Mesin V6 dengan kapasitas 3.8 liter, turbocharger oleh SVM menghasilkan tenaga 2000 hp)

Ditangan tuner Britania Raya tersebut, Qashqai telah dibangun dengan mesin V6 menggunakan berkapasitas 3.8 liter, turbocharged, yang biasa kita kenali pada produk Nissan GT-R. Nama tuner Severn Valley cukup terkenal dengan kemampuan swap engine dari platform satu ke lainnya. Sebelumnya, Qashqai telah di swap dengan mesin GT-R pada tahun 2004 silam.

(Bagian interior yang telah dimodifikasi dengan penambahan pilar)

Tak luput dari modifikasi, bagian interior Nissan Qashqai yang telah dirombak total untuk mendukung performa mesin V6 yang bertenaga 2000 hp. Dengan pilar-pilar tambahan, menambahkan kekuatan dan keamanan Qashqai bagi pengendara. Selain itu, Severn Valley Motorsport  telah berhasil menciptakan SUV super cepat dari Toyota dan Land Cruiser yang telah dimodifikasi dengan akselerasi puncak 230,02 mph di bulan Mei tahun lalu.

(Rekor catatan kesebelas mobil yang telah melakukan pengujian akselerasi di lembah Severn, Inggris)

Untuk pengujian Qashqai yang berlangsung di lembah Severn, Qashqai telah mesin misteriusnya mampu mencatatkan kecepatan tertinggi 237,8 mph atau sekitar 382,7 kph di trek lurus. Kecepatan tersebut mengalahkan catatan super car Koenigsegg Agera RS dengan 221,3 mph dan Koeningsegg One : 1  dengan 218.3 mph. 

(Bagian buritan dari Nissan Qashqai yang masih mempertahankan bodywork pabrikan)

Selain swap engine, Severn Valley juga menginstalkan turbocharged kit baru. Hasilnya, Qashqai mampu menyemburkan tenaga hingga 2000 hp. Selain duo Koenigsegg, Qashqai juga mengalahkan 720S, Huracan, 570 GT dan  Aventador. So, Black Pals,  kita tunggu pemecahan rekor Qashqai di waktu lain ya. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
auto news,
#
nissan,
#
nissan qashqai,
#
severn valley motorsport,
#
suv tercepat