MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Kicks e-Power, Sensasi Mobil Listrik Tanpa Ngecas

MAY 27, 2021@18:00 WIB | 250 Views

Udah modelnya keren, penggeraknya berbeda dari model mobil lainnya. Saat ini penggerak mobil yang dibutuhkan wajib semakin irit, tentunya juga semakin canggih. Era hybrid, saat ini tengah digaungkan oleh pabrikan otomotif di Indonesia, bahkan ada yang meluncurkan mobil yang bisa dibilang hybrid tidak, listrik juga tidak.

Nissan Kicks e-Power, crossover Nissan terbaru yang diluncurkan tahun 2020 kemarin, sukses menggemparkan dunia otomotif, karena penggeraknya yang unik. 1.200cc tiga silinder yang digabungkan dengan penggerak listrik baterai lithium ion. Uniknya terletak pada kinerja mesinnya, yang ternyata berfungsi untuk menyalurkan tenaga ke baterai simpanan dan kemudian mengalirkannya ke motor listrik mobil ini. alhasil, ketika dikendarai secara “santai”, tidak ada suara mesin yang terdengar, hanya bunyi motor listrik seperti intro Playstation 2 [Kalau kalian pernah menggunakannya].

Eksterior

bagian depannya tentu tidak meninggalkan kekhasan Nissan, V Motion Grille dengan warna piano black-nya. Berbalut desain krom, lampu depannya semua sudah menggunakan LED baik Head Lamp, DRL dan Fog Lampnya. Di bagian tengahnya, tersemat logo Nissan yang ternyata tersimpan radar Nissan Intelligent Mobility, seperti untuk cruise control adaptive hingga keamanan lainnya. Selain itu, satu kamera terselip di dekat logo, yang berfungsi sebagai kamera 360/bird eye view dengan 3 kamera lainnya.

Nissan Kicks e-Power menggunakan velg two tone, 205/55R17, spion dengan side mark, kamera pendukung 360. Lekukan over fender masih kelihatan di mobil ini namun tidak terlalu berlebihan, sehingga looks dari samping masih terlihat menawan.

Bagian belakangnya jelas terlihat “padat”, dengan tail lamp LED yang menyerupai X-Trail. Dengan kamera belakang dan beberapa titik sensor, tenyata Nissan Kicks belum memiliki fitur power back door. Kesimpulan dari bagian luar Nissan Kicks e-Power ini adalah cukup menarik, meskipun ada beberapa kekurangan seperti tidak memiliki fitur power back door.

Interior

Harga Nissan Kicks e-Power saat ini adalah Rp 471 juta, dan kesan pertama interiornya adalah sedikit tertinggal zaman. Pasalnya, beberapa bahan plastik masih digunakan di mobil ini seperti di door trimnya. Meskipun begitu, lapisan empuk masih terasa di dashboard, arm rest pintu, dan konsol tengah. Untuk head unit 8 incinya hanya bisa terkoneksi dengan Apple Car play. Meskipun AC hanya single zone, luar biasanya AC yang dimiliki sangat dingin dan bisa mendinginkan satu kabin. Pedal shifternya lho blackpals, khas mobil listrik yang dikenal dengan shift by wire, hanya ada netral, maju, dan mundur. Ada 4 mode berkendara di mobil ini, drive, eco mode, smart dan  EV mode.

Untuk setir sendiri, sudah lengkap dengan multi information dan juga tombol adaptive cruise control. Selain itu, instrument clusternya 40/60, 40% adalah analog dan 60% layar TFT. Posisi duduknya jangan ditanya, meskipun masih manual, ternyata desain bangku ini terinspirasi dari bangku pesawat luar angkasa. Jok Zero gravity, namanya dirancang menggunakan  model rangka berotot, yang bertujuan untuk membuat tumpuan secara terus menerus di bagian pinggul hingga bahu. Singkat cerita, 14 titik tekanan yang diposisikan secara netral membuat peningkatan aliran darah dan pengurangan beban otot. Alhasil, orang yang menggunakan jok ini tidak cepat capek BlackPals, dan bisa lebih lama mengendarai Nissan Kicks ini.

Fitur Keamanan

Menggunakan Nissan Intelligent Mobility, tentunya memiliki fitur keamanan mumpuni seperti Intelligent Cruise Control, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Forward Collision Alert, Driver Attention Alert, Hill Start Assist, Around View Monitor, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, hingga One Pedal Operation.

Penggerak

Nissan Kicks e-Power menggunakan mesin tiga silinder 1.200cc, yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai lithium ion 296v. tenaga yang dihasilkan berkisar 126 Hp dan torsi yang luar biasa 260 Nm. Kolaborasi mesin dan baterai di bawah kap mesin ini sukses membuat mobil ini menjadi lebih irit, yaitu sekitar 23 km/liter. Pemilik mobil ini pun tidak perlu sulit lagi mengecas baterai, karena tenaga tersebut sudah diisi oleh mesin 1.2L yang dimiliki.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
nissan indonesia,
#
nissan kicks e-power,
#
mobil listrik