MENU
icon label
image label
blacklogo

New MINI Cooper S Clubman, The Gentlemen Compact Car

FEB 18, 2020@17:30 WIB | 517 Views

New MINI Cooper S Clubman kembali diluncurkan BMW Group Indonesia. Sebagai kendaraan compact premium yang cukup stylish dan emosional. MINI tetap menghadirkan kendaraan yang fungsional, dengan 6 pintu yang cukup ikonik, dan dihadirkan untuk segmen keluarga, bukan lagi ranah individual. MINI menyebut the New MINI Clubman sebagai the Gentlemen, desain maskulin, kokoh  dan tetap didesain untuk perjalanan jarak jauh.

The MINI Cooper Clubman dan MINI Cooper S Clubman menghadirkan dua varian mesin yang berbeda, dan dihadirkan dengan harga Rp705 juta off the road. Sedangkan Mini Cooper S Clubman setingkat lebih tinggi Rp875 juta off the road. Keduanya mewakili kendaraan paling high end dari MINI Cooper. Dan tahun 2019 kemarin penjualan MINI Cooper naik 34,6%, dari 500 unit 2018 menjadi 700 unit di 2019. Kenaikan angka tersebut melibatkan karena hanya MINI yang menghadirkan cara khas berkendara go-kart dengan penyempurnaan mesin, teknologi dan cukup membanggakan karena di rakit di Indonesia.

“Pergeseran dari kendaraan personal (hobby) ke kendaraan fungsional dengan versatility lebih, apalagi untuk berkendara jarak jauh tetap menjadi keunggulan. New MINI Clubman bisa digunakan 5 orang dengan kabin yang cukup luas. Mesin baru dengan efisiensi bahan bakar yang lebih efisien, untuk menambah daya tarik di kelas compact premium. Dengan 700 unit pertahun, kami terus menggenjot penjualannya di tahun 2020 ini,” aku Jodie O’tania, Direktur Komunikasi BWM Group Indonesia.  Sejak local assemble target MINI diperbesar sesuai dengan perhitungan internal perusahaan, dan berkenaan dengan 60 tahun MINI beberapa varian special edition juga menjadi pemicunya.

Desain bodi new MINI Clubman S cukup baik. Sejumlah desain aerodinamika dikembangkan minimalis. Dengan grille yang diperbesar, aksen chrome membelah bagian atas dan bawah, serta logo S melekat di bagian depan.  MINI Clubman tetap menggunakan dual air scoop,  di dekat foglamp yang telah ada di generasi sebelumnya. Bagian kap masih menggunakan air intake sebagai hiasan. Warna baru Indian Summer Red Metallic dan British Racing Green Metallic menjadi pilihan. Serta front lamp yang LED, tidak banyak berubah dari tahun 2017 lalu. Begitu juga dengan gaya pintu belakang yang dibisa dibuka secara lateral, dengan kompartemen 360 liter hingga 1250 liter.

Lampu depan merupakan hasil dari modifikasi desain lampu depan bundar khas MINI. Lampu depan LED tampilkan desain baru dengan modul LED untuk lampu dekat dan lampu jauh serta pelindung berwarna hitam. Lingkaran cahaya putih yang mengelilingi lampu depan berfungsi sebagai lampu berkendara siang hari serta sein. Lampu kabut LED juga tersedia sebagai standar - menggantikan lampu parkir standar. New MINI Clubman juga dilengkapi dengan lampu belakang LED sebagai standar. 

Dengan dua pilihan warna baru dari new MINI Clubman  Indian Summer Red metallic atau British Racing Green metallic. Sebagai pembeda, pelanggan dapat memilih agar atap dan penutup spion eksterior dari new MINI Clubman mereka difinish dalam warna hitam atau putih. Varian Cooper S juga dilengkapi dengan paket eksterior Piano Black, di mana sekeliling lampu depan, lampu belakang, dan grille radiator memiliki finishing dalam warna hitam mengkilap.

Begitu juga dengan interior, menggabungkan dua warna hitam dan abu-abu., serta warna silver pada dashboard. MINI memberikan sentuhan kemewahan dengan warna-warna personal, Lima bangku berukuran penuh dan akses mudah - berarti ada banyak ruang untuk seluruh penumpang di new MINI Clubman.

Varian Cooper menggunakan pelapis jok Cloth/Leatherette, serta paket MINI Yours Interior Style dalam Piano Black iluminasi - ada beragam fitur seperti bezel pintu iluminasi bersama dengan bezel kokpit, trim kokpit dan elemen trim konsol tengah. Semua ini dirancang selaras dalam warna yang serasi. MINI Cooper S Clubman baru memiliki MINI Yours Walknappa Leather Sports Steering Wheel dan varian pelapis jok, MINI Yours Walknappa Leather Lounge dalam Carbon Black.

Semua bangku mendapatkan sentuhan mewah dengan motif Union Jack di sandaran kepala yang diaplikasikan dengan perforasi yang diposisikan dengan tepat. Aksentuasi eksklusif juga disediakan oleh MINI Yours Interior Styles dalam iluminasi Frozen Blue. Panoramic Sunroof hadir sebagai standar untuk new MINI Cooper S Clubman.

Berbagai peralatan standar di new MINI Clubman termasuk sistem audio dengan enam speaker dan soket USB, yang memungkinkan streaming audio melalui koneksi Bluetooth. Terdapat juga fasilitas telepon hands-free dengan antarmuka USB, serta Radio MINI Visual Boost termasuk layar senruh beresolusi tinggi 6,5 inci.

Hadir dengan kamera belakang dan sistem Park Distance Control yang dipasang sebagai standar pada semua varian new MINI Clubman. New MINI Cooper S Clubman juga memiliki fitur Navigasi dengan petunjuk arah suara dan Apple CarPlay sebagai standar. Selain itu, new MINI Cooper S Clubman juga memiliki 12-Speaker Harman Kardon Sound System, yang secara khusus disesuaikan bagi new MINI Clubman untuk tawarkan suara bass yang kuat dan kualitas suara yang tak terkalahkan.

Dengan mesin 4 silinder, 1998 cc, MINI TwinPower Turbo menghasilkan tenaga hingga 192 Hp dan torsi 280 Nm.  Sistem transmisinya 7 percepetan Steptronic Sport Transmission dengan double clutch. Akselerasi 0-100 km ditempuh berdurasi 7.2 s, dan konsumsi bahan bakan 16,1 km per liter, dengan emisi CO2 141g/km.

New Mini Cooper S Clubman hadir dengan pilihan warna Pepper White, Midnight Black, Thunder Grey, Starlight Blue, Melting Silver, British Racing Green IV dan Indian Summer Red sebagai warna baru yang dihadirkan pada peluncuran yang berlangsung 14 Februari 2020 kemarin di bilangan Senayan, Jakarta.[Ahs/timBX]

Tags :

#
mini cooper,
#
bmw group indonesia,
#
new mini cooper s clubman,
#
compact car