MENU
icon label
image label
blacklogo

New KTM X-Bow GTX, Track Toy Seharga Rp4 Miliar

OCT 14, 2020@14:00 WIB | 261 Views

KTM Austria terkenal karena memproduksi sepeda motor, tetapi juga telah memproduksi mobil sport X-Bow yang ringan dan fokus pada trek sejak tahun 2008. Sekarang, KTM telah merilis versi yang lebih ekstrem: KTM X-Bow GTX. Didesain untuk hari-hari trek dan balap profesional dan dikembangkan bekerja sama dengan Reiter Engineering, GTX menawarkan bodi carbon fiber yang mencolok dan dibangun di atas monocoque serat karbon yang sama dengan X-Bow biasa.

Penggunaan carbon fiber yang ekstensif ini telah menurunkan berat menjadi hanya 2.310 pound (1.048 kg). Dikombinasikan dengan mesin turbo lima silinder 2.5 liter dari Audi RS3 yang disetel untuk menghasilkan tenaga 530 hp dan torsi 479 lb-ft, GTX memiliki rasio power-to-weight yang mengesankan sebesar 4,3 pound per tenaga kuda. Dengan pengaturan ini, GTX seharusnya mampu mengatur waktu putaran yang sangat cepat, tetapi KTM belum merilis spesifikasi performanya.

Untuk mendapatkan lebih banyak tenaga dari mesin turbo lima silinder Audi, KTM memodifikasi katup injeksi, wastegate, sistem intake, sistem pembuangan, dan perangkat lunak ECU. Tenaga dikirim melalui gearbox enam kecepatan Holinger MF, sementara rem performa tinggi dengan kaliper enam piston yang dirancang untuk ketahanan menyediakan tenaga pengereman. Berkat tangki pengaman FT3 120 liter, KTM mengklaim GTX akan "melaju lebih jauh masing-masing lebih lama dari pada kompetisi" di trek days dan balapan jarak jauh.

Salah satu elemen desain mobil yang paling mencolok adalah 'Jetfighter Canopy' yang diambil dari KTM X-Bow GT4 dan dimodifikasi untuk GTX. Kanopi 'Plexiglass' satu bagian diganti dengan bingkai karbon dengan kaca depan yang dimasukkan dan pintu kaca yang dibuka secara terpisah di kedua sisi. Kanopi lengkap masih bisa dibuka untuk masuk dan keluar.

Di tempat lain, spion samping diganti dengan dua kamera spion dan sayap tetap besar mendominasi bagian belakang. Sayangnya, modifikasi balapan yang ekstensif ini membuat Anda tidak dapat menikmati GTX di jalan raya. Di bagian interior, pengemudi duduk di jok balap Recaro yang terbuat dari karbon kevlar. Untuk memastikan GTX memenuhi standar keselamatan yang tinggi di lintasan, KTM telah memasang roll cage homologasi GT dan harness balap enam titik.

Agar mainan trek ini lebih mudah dijinakkan, KTM juga telah memasang roda kemudi baru yang dapat disesuaikan dengan power steering elektrik menggantikan power steering hidraulik yang sebelumnya digunakan pada KTM X-Bow GT4. Kontrol traksi juga memiliki delapan pengaturan yang dapat disesuaikan untuk memastikan akselerasi optimal di tikungan dan membuat mobil lebih aman dikendarai di trek basah.

Sedangkan ABS dapat disesuaikan dalam sepuluh pengaturan untuk menyesuaikan dengan kondisi trek yang berbeda dan menyeimbangkan mobil terhadap understeer atau oversteer. Adapun harga untuk KTM X-Bow GTX dibandrol mulai sekitar $ 271.000 (sekitar Rp4 miliar). [ibd/timBX]

Tags :

#
ktm austria,
#
mobil sport x-bow,
#
ktm x-bow gtx,
#
mobil sport