MENU
icon label
image label
blacklogo

New John Cooper Works GP Luncur Terbatas, Fastest Mini Ever Made

JUL 29, 2020@10:00 WIB | 347 Views

Mini Indonesia baru saja menghadirkan mobil edisi terbatasnya, hanya 3000 unit untuk seluruh dunia, John Cooper Works GP. Seri 2020 ini menghadirkan pengalaman berkendara ala go-kart dengan mesin buas serta tampilan custom yang enerjik.

Mini JCW GP 2020 dibekali mesin empat silinder berkapasitas 2000cc TwinPower Turbo. Dengan kombinasi tersebut, mobil ini bisa mengerangkan tenaga hingga 306 hp dan maksimum torsi 450Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan dan diatur menggunakan transmisi otomatis delapan percepatan steptronic.

Pihak Mini meyakini jika tenaga 75 hp lebih besar dari varian JCW lainnya mampu melibas mobil sport menengah dalam balap jarak pendek. Benar saja, menurut pengujian yang dilakukan, akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam 5.2 detik dengan top speed 265km/jam.

Secara tampilan Mini JCW GP 2020 juga dirombak dengan bahasa desain sporty dilengkapi spoiler dan wing. Tambah keren lagi, suspensi pun direbahkan 10mm dari seri JCW sebelumnya. Untuk mengimbangi tampilan dan mesin yang buas, exhaust pun didesain khusus yang mampu menghantarkan power delivery lebih spontan juga suara berat dan menderu saat dipacu.

Sistem rem sports di MINI John Cooper Works GP baru memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten bahkan ketika digunakan secara intensif. Sistem ini terdiri dari rem cakram kaliper-tetap 4 piston di roda depan dan rem caliper mengambang piston tunggal di roda belakang.

Diperuntukan sebagai daily sport city car dan track use, mobil ini hanya memiliki dua seat saja dengan batang pelindung beban aluminium ala roll bar kokpit mobil balap. MINI John Cooper Works GP baru hadir standar dengan kontrol AC otomatis dan 8.8” MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Juga mencakup kluster instrumen digital pada kolom kemudi. Layar warna 5-inci beresolusi tinggi menunjukkan kecepatan jalan baik secara numeric maupun di skala.

Nah, Indonesia sebagai salah satu negara dengan penggemar Mini yang cukup banyak, kebagian 12 dari 3000 unit yang ada untuk pasar global. Harga MSRP-nya? Rp 1,5 miliar dan menurut tim pemasarannya, separuhnya sudah terjual. [leo/timBX]

Tags :

#
john cooper works gp,
#
mobil kustom,
#
mini jcw gp 2020,
#
mini cooper