MENU
icon label
image label
blacklogo

New Ford Puma Rally1 Plug-in Hybrid, Gantikan Fiesta di Ajang WRC

JUL 09, 2021@14:30 WIB | 183 Views

M-Sport meluncurkan mobil Ford Puma Rally1 baru untuk Kejuaraan Reli Dunia FIA 2022, membawa performa bertenaga listrik ke dalam campuran seperti yang ditentukan oleh peraturan baru. Mobil reli yang menggantikan Fiesta WRC ini diluncurkan di Goodwood Festival of Speed dalam bentuk prototipe pengembangan sebelum melakukan debut balapnya di Monte Carlo Rally  pada Januari 2022 mendatang.

Menurut peraturan baru, semua mobil WRC 2022 akan menjadi hybrid plug-in yang memungkinkan peningkatan output daya dan mobilitas hanya listrik saat berkendara melalui kota dan paket layanan di antara tahap balap. Selain itu, alih-alih bensin, mereka akan menggunakan bahan bakar bebas fosil berkelanjutan yang memadukan elemen sintetis dan biodegradable.

Dalam konteks ini, Puma Rally1 dilengkapi dengan mesin EcoBoost 1.6 liter turbocharged yang sama yang digunakan oleh pendahulunya, tetapi dalam hal ini, dikombinasikan dengan motor listrik yang menghasilkan tambahan 134 hp (100 kW / 136 PS) hingga tiga detik. Energi disimpan dalam baterai 3,9 kWh yang dapat diisi ulang baik dengan regenerasi selama pengereman dan meluncur, atau dengan sumber daya eksternal di titik servis hanya dalam 25 menit. Sistem hybrid plug-in cair dan berpendingin udara dengan berat 95 kg (209 lbs), dilindungi oleh selubung berkekuatan balistik yang tahan terhadap serpihan dan kemungkinan benturan.

Di bagian luar, Puma Rally1 telah mendapatkan serangkaian modifikasi dibandingkan dengan varian produksinya. Sebagai permulaan, itu diturunkan secara signifikan, kehilangan posisi SUV-nya saat duduk di atas roda balap multispoke putih. Paket aero agresif di bawah bungkus seperti kamuflase, termasuk spatbor depan dan belakang yang lebih lebar, gril baru, splitter yang menonjol, roof scoop, dan sayap belakang yang besar. Hasilnya, Rally1 terlihat seperti monster, bahkan jika kita membandingkannya dengan Ford Puma ST yang berorientasi pada performa.

Mungkin terdengar aneh bahwa mobil reli berbasis SUV menggantikan Ford Fiesta WRC (2017-2021) dan pendahulunya Fiesta RS WRC (2011-2016), tetapi kita tidak boleh lupa bahwa Puma berbagi platform dengan Fiesta dan Ford menangkap kesempatan untuk mempromosikan B-SUV populer melalui WRC. Lagi pula, papan nama Puma bukanlah hal baru di reli karena coupe berbasis Fiesta sebelumnya (1997-2002) berpartisipasi dalam seri Junior WRC.

Malcolm Wilson OBE, mantan pembalap reli dan direktur pelaksana di M-Sport saat ini mengatakan, era baru mobil WRC adalah salah satu kemajuan teknologi terbesar di WRC hingga saat ini. Pengenalan hybrid berarti bahwa mobil akan lebih kuat dari sebelumnya sementara juga secara langsung mencerminkan powertrains dalam rekan-rekan mereka di jalan. “Peralihan ke Puma sangat menarik dengan nama yang sudah memiliki warisan reli, mobil terlihat fantastis dan saya tidak sabar untuk melihatnya di garis startReli Monte Carlo yang terkenal pada awal 2022 mendatang,” tukasnya.

Prototipe M-Sport Puma Rally1 akan dikendarai di tanjakan bukit Goodwood oleh pengemudi M-Sport Ford WRT Adrien Fourmaux dan test driver M-Sport Ford Matthew Wilson, sebelum melanjutkan pengembangannya untuk musim 2022. Di antara pesaingnya adalah Toyota Yaris WRC dan Hyundai i20 WRC yang diperbarui yang juga akan mendapatkan powertrain hybrid.[ibd/timBX]

Tags :

#
new ford puma rally1,
#
plug-in hybrid,
#
new ford puma rally1 plug-in hybrid,
#
ecoboost,
#
. sistem hybrid plug-in,
#
ford fiesta wrc,
#
fiesta rs wrc,
#
puma,
#
fiesta,
#
ford,
#
m-sport,
#
toyota yaris wrc,
#
toyota