MENU
icon label
image label
blacklogo

Neo Retro, Modifikasi Ducati MH900E Karya Onehandmade

AUG 08, 2019@10:00 WIB | 262 Views

Perancang motor Italia berkebangsaan Afrika Selatan Pierre Terblanche namanya sukar dilupakan seperti halnya Ducati MH900e. Varian ini hanya diproduksi selama 2 tahun, 2001 hingga 2002, dengan gaya caferacer mengulang zaman keemasan di era 60-an.

MH900e menjadi karya unik Terblanche karena mengadopsi gaya balap Isle of Man dengan pembalap terkenalnya Mike Hailwood 1978. MH900e bukan sebuah replika, melainkan sebuah evolusi dari gaya caferacer yang benar-benar mendunia hingga sekarang. 

Saking cukup emosionalnya, diantara 2000 unit MH900e yang siap dijual, 1000 unit diantaranya habis terjual dalam 31 menit. Lantas apa yang bisa diadopsi dari sebuah MH900e yang cukup legend tersebut?

Kali ini Chung Hung, builder Taiwan dari Onehandmade yang berkarya dengan satu tangan ini mencoba membangun turunannya, dari model basic MH900e.  

"Saya perlu memastikan kami melakukan segalanya dengan benar," tutur builder berkebangsaan Taiwan itu . "Saya mendesain body cukup spesial dan pemilik MH900e lainnya cukup kaget melihat bentuk lain dari MH900e lainnya," jelasnya Chung Hung.

Goals yang ingin dicapainya adalah mengikutkan Ducati dalam pameran AMD World Championship. Dengan memanfaatkan pengolahan plat, ia sering kali bekerja tanpa desain akhir. Namun untuk sebuah special project seperti MH900e harus bekerja dengan mulai dari sebuah desain sketsa.

Dari sketsa, Chung Hung menggunakan bahan aluminium untuk body stock, tangki, tail dan under cowl.  Semuanya dikerjakan secara profesional, dengan kontur yang cukup baik dan terpasang secara sempurna, seperti hasil pabrikan. Padahal Chung Hung mengerjakan semuanya secara handmade.

Ekspektasi cukup tinggi digapai dengan penuturan pengunjung pameran AMD World Championship. "Apakah Anda mengerjakan bodynya dengan bahan serat carbon atau serat kaca," tutur Hung menirukan pengunjung. Diri menjawab dengan menggunakan bahan aluminium, dan sepertinya jawabannya tidak dipercayai mereka, seraya mengarahkan dokumentasi melalui smartphone miliknya. 


Lampu depan menggunakan handmade, sedangkan lampu belakang Strip LED dipasang cukup susah pada tailpiece.  Bagian knalpot dibuat secara pro, menggunakan bahan titanium, menembus bagian frame, dan under cowl dengan muffler dibawah jok buritan. Jok menggunakan bahan kingsman seat,  sementara warna merah anggur hasil pengerjaan INCROSS Custom Art. 

Chung Hung berhasil menginterpretasikan sebuah motor kontemporer, yang menghormati pada karya-karya klasik terdahulu.  Modifikasi Onehandmade lebih dari sekedar part-part hedon yang menambahkan kosmetik.  Suspensi depan Ohlins copotan dari Ducati Monster 1100S, dan suspensi tunggal Ohlins dibagian belakang.

Penambahan steering damper, kaliper Brembo dari Ducati 1098 dan dipadukan ban Diablo Supercorsa. Bagian kopling menggunakan STM dan baterai mengandalkan RCE. Rear set menggunakan Aella, triple clamps serta stang clip on dibuat secara custom. Agar tidak pegal dalam berkendara, Bitwell dipilih untuk handgrips. Sedangkan lampu sein dan speedometer menggunakan motogadget.

Karya Chung Hung atas Ducati MH900e telah menyabet posisi keempat di kelas Caferacer AMD. Mungkin desain ini bisa menjadi salah satu  kiblat modifikasi yang Anda perlukan Black Pals. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
amd world championship,
#
world custom,
#
custom motorcycle,
#
onehandmade,
#
taiwan builder,
#
chung hung,
#
ducati caferacer,
#
ducati mh900e,
#
modifikasi motor,
#
aliran caferacer