MENU
icon label
image label
blacklogo

MV Agusta Berikan Treatment RC Untuk 3 Motor Terbaru

JUL 19, 2022@10:00 WIB | 191 Views

MV Agusta baru-baru ini memberikan treatment Reparto Corse (RC) untuk tiga model yang diluncurkan pada tahun ini, yaitu Turismo Veloce, Dragster dan F3. Reparto Corse adalah departemen khusus di dalam MV Agusta yang menangani urusan balap perusahaan asal Italia ini.

Motor pertama, Turismo Veloce RC, menggendong mesin triple 800cc yang sama dengan yang ditemukan di Dragster dan F3 tetapi dengan tenaga yang disesuaikan hanya 11 0 hp dan torsi 84 Nm.

Sebagai motor touring sport, Turismo Veloce RC menawarkan kenyamanan luar biasa untuk perjalanan jarak jauh, dan meskipun Turismo Veloce RC punya performa yang sedikit dibawah Dragster dan F3, motor touring sport ini dibekali dengan tangki bahan bakar 21.5 L dan bobot kering 199 kg.

Turismo Veloce RC diklaim dapat mencapai kecepatan maksimal 230 km/jam dengan daya henti berupa cakram ganda 320 mm dengan kaliper piston Brembo di depan dan cakram tunggal 220mm dengan kaliper piston ganda di belakang. Fitur lainnya termasuk cornering ABS dengan rear wheel lift detection dan parking brake.

Motor selanjutnya, Dragster SC, memiliki lapisan titanium nitrida yang diperbarui pada suspensi teleskopik Marzocchi USD 43mm di bagian depan dan monoshock Sachs dengan preload, kompresi, dan rebound di bagian belakang.

Cakram ganda 320mm yang sama melakukan pengereman dengan kaliper Brembo di bagian depan dan cakram tunggal 220mm di bagian belakang. Sistem ABS juga mengatur rem. Seperti Turismo Veloce RC, Dragster juga dilengkapi dengan parking brake.

Tidak seperti saudara touring-nya, Dragster menghasilkan output 140 hp dan torsi 87 Nm dari mesin triple 800cc yang sama dan punya bobot paling ringan di antara ketiga motor ini. Dragster juga dapat mencapai kecepatan maksimal 245 km/jam, lebih tinggi dari F3.

Motor ketiga, F3, jadi motor selanjutnya yang mendapatkan treatment RC. F3 snediri kini menjadi sportbike andalan MV Agusta sejak F4 tidak diproduksi lagi.

Seperti Dragster, MV Agusta meng-upgrade F3 RC 2022 dengan suspensi depan berlapis titanium nitrida yang membantu mengurangi gesekan. Velg F3 kini 10% lebih ringan, yang diklaim MV Agusta membantu mengurangi momen inersia hingga 7%.

F3 juga yang paling bertenaga dari yang lain, dengan output tenaga 147 hp dan torsi 88 Nm dan dilengkapi traction control system terbaru dengan delapan tahapan berbeda dan traction control level empat. MV Agusta juga mengklaim bahwa F3 RC dapat mencapai kecepatan tertinggi 240 km/jam.

Ketiga motor varian RC ini tersedia dalam jumlah terbatas. F3 RC hanya diproduksi sebanyak 200 unit, Dragster 150 unit dan Turismo Veloce 150. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mv agusta,
#
sportbike,
#
naked bike,
#
adventure bike,
#
mv agusta f3