MENU
icon label
image label
blacklogo

Motor Klasik Ini Punya Tenaga Mesin 200 Hp

FEB 21, 2018@09:00 WIB | 483 Views

Salah satu co-founder India Motorcyle telah membangun motor klasik board-tracker dengan berbagai piranti yang mutakhir. Bagaimana tidak motor klasik  tahun 1920 diklaim memiliki tenaga hingga 200 hp yang dijalankan melalui roda belakang. Wow luar biasa bukan.

Motor yang diberi nama Super Scout dibangun tahun lalu oleh Anders Lundgren dan Lasse Sundberg untuk memberikan penghormatan kepada pendiri India, Oscar Hedstrom.  Motor ini telah dilengkapi turbo 25 Garbo berpendingin air.

 "Kami membangun motor klasik ini untuk mengulang sejarah trek balap di India. Namun motor ini kini sudah dilengkapi teknologi yang mumpuni, dimana orang India senang senang teknologi terknini,” ungkap Andres seperti dilansir Autoevolution.

Model Board Tracker adalah pilihan sempurna, dan Andres memberikan nama Super Scout yang cocok untuk motor ini sebagai tanda hormat sebagai model board tracker yang tak terkalahkan di setiap balapan.

Secara tampilan, broad tracker ini dipasangkan berbagai komponen dari aftermarket maupun custom seperti lampu depan, pompa bahan bakar dan pedal shifter milik board tracker yang sudah didesain lebih modern.

Bagian sasis, pria asal Swedia ini mempercayakan, Lasse Sundberg untuk merancang bagian rangka agar lebih presisi. Sundberg, menilai rangka ini merupakan salah satu bagian tersulit yang pernah ia buat. Ia harus mengukur secara berulang kali agar motor tetap stabil jika diajak ‘ngebut’.

Untuk jantungpacunya sendiri tidak disebutkan oleh kedua perancang board tracker ini. Yang pasti motor ini dilengkapi dengan turbo wastegate eksternal dan kontrol penguat. Headpipes dan downpipes semuanya terbuat dari stainless steel yang dipasangkan dobagian frame dan disabungkan ke mesin.

Meskipun terlihat retro, elektronik canggih hadir juga, mulai dari ECU,  fob key, dan konektivitas Bluetooth untuk pemantauan data mesin. Selain itu penyetelan mesin dilakukan sdengan menggunakan iPad.

Bagian custom lainnya termasuk tangki bahan bakar yang ditata seperti broad tracker pada umunya tahun 1920 dan menyembunyikan semua barang elektronik, tangki bahan bakar nyata yang dipasang di bawah sadel, dan spatbor belakang.

Kemudian  lampu ekornya LED, radiator dipercayakan oleh Honda CRF450, sedangkan bagian depan menggunakan pegas W & W untuk agar aroma retro semakin kental.

Anders mengatakan, ketika mengendarai Super Scout harus bisa menyetel mesin dengan baik. Dia berencana untuk menggunakan sepeda setiap hari jika tidak ada yang membelinya. [ddy/timBX]


 

Tags :

#
blackauto,
#
broadtreker,
#
motorcyle,
#
india,
#
klasik