MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Yamaha ‘Suspend’ Maverick Vinales. Ada Apa?

AUG 13, 2021@10:00 WIB | 480 Views

Yamaha menangguhkan Maverick Vinales dari MotoGP Austria akhir pekan ini

MotoGP: Yamaha ‘Suspend’ Maverick Vinales. Ada Apa

Yamaha membuat pernyataan, "Tindakan rider berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin yang dapat menyebabkan risiko serius bagi dirinya sendiri dan mungkin rider lain."

Yamaha membuat pengumuman mengejutkan bahwa Maverick Vinales telah 'ditarik' dari MotoGP Austria akhir pekan ini 'karena operasi sepeda motor yang tidak dapat dijelaskan selama MotoGP Styria akhir pekan lalu'.

Baca juga: MotoGP: Maverick Vinales Merasa Yamaha Merupakan Tim Hebat, Tetapi Bukan Untuk Dirinya

MotoGP: Yamaha ‘Suspend’ Maverick Vinales. Ada Apa

Keputusan tersebut menimbulkan keraguan serius tentang apakah rider Spanyol itu akan membalap lagi, setelah sepakat berpisah dengan tim pabrikan pada akhir musim ini. Setelah start yang bagus dalam balapan pertama Red Bull Ring pekan lalu, Vinales terhenti sebelum restart dan harus berbaris di ujung pit-lane.

Vinales kemudian mengatakan bahwa dia mengalami masalah pada motor dan mendapat berbagai peringatan melalui dasbor motor hingga finish dengan hasil yang buruk. Yamaha menegaskan keputusan untuk menangguhkan Vinales secara efektif telah dibuat setelah 'analisis mendalam tentang telemetri dan data' pasca-balapan:

Baca juga: MotoGP: Bos Petronas SRT Yamaha Akui Morbidelli Layak Promosi ke Tim Pabrik

MotoGP: Yamaha ‘Suspend’ Maverick Vinales. Ada Apa

“Kesimpulan Yamaha adalah bahwa tindakan rider dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin YZR-M1-nya, yang dapat menyebabkan risiko serius bagi rider itu sendiri dan mungkin menimbulkan bahaya bagi rider lain di balapan MotoGP.”

Sifat yang tepat dari ‘tindakan’ Vinales tidak jelas, namun ada desas-desus dari sisi trek bahwa dia mungkin sengaja menghidupkan motor di limiter di sepanjang trek lurus utama daripada bergeser ke posisi enam di lap penutup, yang dianggap sebagai bentuk rasa frustrasi.

Apapun alasannya, masalah motor atau hal lainnya, Vinales memang kehilangan top speed yang signifikan dalam tiga lap terakhir. Posisi Vinales akan digantikan akhir pekan ini dan masa depannya akan diputuskan setelah 'analisis lebih rinci dan diskusi lebih lanjut'. Jika rider asal Spanyol itu tidak kembali untuk sisa musim ini, pilihan utama Yamaha adalah menarik Cal Crutchlow ke tim pabrik.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
yamaha,
#
maverick vinales,
#
yamaha suspend maverick vinales