MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Yamaha dan Petronas SRT Mulai Cari Pengganti Valentino Rossi

JUN 07, 2021@08:30 WIB | 238 Views

Yamaha dan Petronas SRT mulai mencari kandidat potensial untuk menggantikan Valentino Rossi pada 2022 jika legenda hidup MotoGP itu memutuskan pensiun di akhir musim ini.

Valentino Rossiberada di musim ke-26 balap grand prix tetapi saat ini sedang menjalani periode terburuk dalam karirnya, karenahanya mampu mengumpulkan 15 poin dari enam balapan awal.

Hal itu pun membuatnya menempati posisi 19 klasemen pembalap jelang GP Catalan, dengan hasil terbaiknya adalah finish ke-10 di GP Italia.

Rossi beberapa kali menegaskan bahwa dia akan memutuskan masa depan di MotoGP  setelah paruh pertama musim 2021, sementara ada kriteria kinerja dalam kontraknya bersama Yamaha yang harus dipenuhi sebelum pembahasan tentang 2022 dapat dilakukan.

Karena sikap Rossi, para petinggi SRT tetap diam tentang 2022, namun sedang memantau pengganti potensial.

Beberapa sumber dari luar negeri mengatakan bahwa Petronas akan memperpanjang kerjasama dengan SRTsebagai sponsor utama, sementara Yamaha akan tetap menjadi produsen SRT setelah tahun ini dan tidak ada jaminan Yamaha terlibat dalam diskusi dengan tim VR46.

Selain itu,ada rumor yang mengatakan bahwa Franco Morbidelli akan menggantikan peran Rossi mulai tahun depan.

Dalam sebuah wawancara dengan awak media, Morbidelli mengatakan: "Saya masih tidak tahu motor apa yang akan saya gunakan tahun depan, tapi saya akan bersama Petronas."

Sementara Morbidelli memang memiliki kontrak dengan SRT untuk tahun 2022, sebuah sumber yang dekat dengan si pembalap mengatakan bahwa situasi bisa berubah jika ada tawaran dari tim pabrikan.

"Ada klausul dalam kontrak Franco yang memungkinkan dia meninggalkan tim saat ini jika ada tawaran dari tim pabrik," kata sumber tersebut.

Sebagai informasi tambahan, SRT kabarnya bisa mengontrak Raul Fernandez yang saat ini membalap di Moto2 sebagai rekan Morbidelli. Akan tetapi nama tersebut masih terikat dengan KTM sehingga pihak SRT perlu mencari alternatif.

Dan dua nama berikutnya yang digadang-gadang akan promosi ke MotoGP adalah Joe Roberts dan Xavi Vierge. Tetapi nama Jake Dixon juga dipertimbangkan, dan ketiga pembalap tersebut masih bersaing di Moto2 saat ini. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
petronas srt,
#
pengganti valentino rossi,
#
valentino rossi,
#
yamaha,
#
motogp 2021