MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: MotoGP Italia dan Catalunya Resmi Ditunda

APR 08, 2020@15:30 WIB | 93 Views

Musim MotoGP telah ditunda paling cepat hingga pertengahan Juni, setelah Grand Prix Italia dan Catalan secara resmi ditunda pada hari Selasa (7/4/2020).

Pandemi virus corona, yang telah menginfeksi lebih dari satu juta orang di seluruh dunia karena lebih banyak negara mulai mencapai puncak wabah, telah menjadi penyebab malapetaka dengan kalender MotoGP.

Setelah putaran pembuka musim di Qatar dibatalkan karena meningkatnya pembatasan perjalanan di negara itu, putaran berikutnya di Thailand, Amerika, Argentina, Spanyol (Jerez) dan Prancis ditunda.

Dengan Italia menjadi salah satu negara yang paling banyak berjatuhan korban di dunia, perlombaan di Mugello pada tanggal 31 Mei 2020 masuk dalam keraguan, sementara penundaan putaran Formula 1 Spanyol di Barcelona membuat MotoGP Catalunya juga terlihat tidak mungkin.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh badan pengatur MotoGP, FIM, mengkonfirmasi bahwa Mugello dan Catalunya telah secara resmi ditunda.

Seperti yang telah terjadi sejak tertundanya balapan Jerez, kalender baru belum dikeluarkan karena FIM dan Dorna Sports sedang melihat bagaimana situasi virus sekarang ini.

Pernyataan itu berbunyi: "FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal harus mengumumkan penundaan Gran Premio d'Italia Oakley dan Gran Premi Monster Energy de Catalunya, yang akan diadakan di Autodromo del Mugello dari tanggal 29 hingga 31 Mei dan di Sirkuit Barcelona-Catalunya dari tanggal 5 hingga 7 Juni.

"Wabah virus corona yang sedang berlangsung telah mewajibkan kedua acara untuk dijadwal ulang.

"Karena situasinya tetap dalam perkembangan konstan, tanggal baru untuk Grand Prix ini, serta dokter Prancis dan Spanyol yang baru-baru ini ditunda, tidak dapat dikonfirmasi sampai menjadi lebih jelas kapan tepatnya kemungkinan untuk mengadakan acara tersebut. Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera setelah tersedia."

Perubahan kalender yang tertunda, membuat MotoGP 2020 paling awal bisa dimulai di Grand Prix Jerman (di Sachsenring) pada 21 Juni 2020.

Pekan lalu, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan dia akan ‘senang’ dengan musim berjalan 10 putaran, tetapi pembatalan secara total harus dipikirkan. [Dhe/Asl/timBX]

Tags :

#
motogp italia,
#
motogp catalan,
#
fim,
#
dorna sports,
#
motogp 2020 ditunda