MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Mampu Datangkan Jorge Lorenzo, Brivio Ungkap Alasan Bawa Joan Mir ke Suzuki

FEB 01, 2021@17:30 WIB | 254 Views

Mantan manajer tim Suzuki, Davide Brivio, menjelaskan mengapa pabrikan Jepang itu memilih mendatangkan Joan Mir daripada Jorge Lorenzo pada musim 2019.

Setelah menjalani musim yang buruk bersama Ducati dari 2017 hingga 2018, Lorenzo dikeluarkan dari tim pada 2019 dan dikaitkan dengan kepindahan ke Suzuki.

Suzuki akhirnya memilih untuk menandatangani 2017 Mir (juara dunia Moto3) untuk tahun 2019, dengan Lorenzo beralih ke Honda sebelum pensiun pada akhir musim.

Mir memang memiliki opsi untuk bergabung dengan Honda pada 2019, tetapi hanya untuk di pos tim satelit, sedangkan pembalap Spanyol itu ingin bergabung dengan tim pabrik.

Menurut Brivio, Suzuki tertarik untuk mengontrak Mir karena cukup mengenal si pembalap tersebut, yang mengatakan kepada motogp.com bahwa dia tahu dia membuat keputusan yang tepat ketika bertanya langsung kepada Mir apakah ingin bergabung dengan Suzuki meskipun memiliki opsi dengan Honda.

“Kami mulai memikirkan Mir (untuk 2019), karena memenangkan 10 balapan (pada 2017) dan menjadi juara Moto3 adalah sesuatu yang menarik perhatian kami,” kata Brivio.

"Saat itu kami memiliki opsi untuk merekrut Jorge Lorenzo. Pada akhirnya kami harus memutuskan antara Lorenzo dan Mir. Itu bukanlah pilihan antara dua pembalap, melainkan memilih filosofi dan arah yang ingin kami ambil di masa depan: mengambil pembalap veteran seperti Lorenzo atau mengembangkan bakat muda.

"Semakin kami mengenal Joan dan semakin banyak kami mengetahui tentang dia, semakin spesial dia bagi kami. Joan menyukai Suzuki, tapi perwakilannya memberi tahu kami bahwa ada masalah karena dia sudah punya opsi dengan Honda.

“Jadi, saya langsung bertanya kepada Joan: 'Apakah Anda tertarik pada Suzuki meskipun Anda memiliki opsi Honda? Jika Anda harus memilih antara Suzuki dan Honda, kemana Anda akan pergi?’

"Dan dia berkata kepada saya: 'Saya ingin pergi ke Suzuki'. Dan ketika dia mengatakan itu kepada saya, saya berpikir: 'dia orang yang tepat'.”

Penandatanganan Mir mempertahankan filosofi Brivio untuk merekrut talenta muda dari Moto2, setelah melakukannya dengan Maverick Vinales pada 2015 dan Alex Rins pada 2017.

Tahun lalu, Mir memenangkan kejuaraan dunia kelas utama pertama Suzuki dalam dua dekade.

Berbicara kepada podcast Tank Slappers Autosport setelah memenangkan gelar juara pada November lalu, Mir menjelaskan keputusannya untuk bergabung dengan Suzuki sebagian besar dimotivasi oleh pentingnya memenangkan gelar dengan merek tersebut dibandingkan dengan para pesaingnya. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
jorge lorenzo,
#
suzuki,
#
motogp 2021,
#
davide brivio,
#
joan mir