MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Joan Mir: "Saya Masih Tak Percaya Dengan Hasilnya”

NOV 17, 2020@14:30 WIB | 165 Views

Joan Mir mengatakan “saya tidak percaya apa yang terjadi" setelah menjadi juara dunia MotoGP 2020 di Grand Prix Valencia sekaligus mengakhiri penantian Suzuki selama 20 tahun.

Mir finish di posisi ke-7 setelah start dari posisi ke-12 pada hari Minggu (15/11/2020) di sirkuit Ricardo Tormo, yang cukup untuk menempatkan gelar 2020 di luar jangkauan pemenang balapan Franco Morbidelli (Petronas SRT) dan Alex Rins di posisi ke-4.

pemilik nomor 36 adalah pembalap Suzuki pertama sejak tahun 2000 yang memenangkan mahkota kelas utama dan bergabung dengan daftar elit yang menampilkan Barry Sheene, Marco Luchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Junior yang mengklaim penghargaan kejuaraan dunia untuk Suzuki.

Berbicara kepada awak media, Mir berkata: "Luar biasa. Saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkan emosi karena itu adalah sesuatu yang telah saya perjuangkan sepanjang hidup saya. Dan untuk akhirnya mendapatkan hasil ini pada saat saya tidak tertawa, saya tidak bisa menangis. Ini adalah campuran emosi.

"Saya benar-benar bahagia. Anda tidak bisa percaya, karena ketika Anda mengikuti satu mimpi sepanjang hidup Anda dan akhirnya Anda mencapainya, saat ini saya tidak percaya apa yang sedang terjadi. Saya perlu waktu untuk bersantai, untuk memahami apa yang terjadi karena saya tidak punya kata-kata."

Mir melakukan debut grand prix penuh waktu pada 2016 di Moto3, sebelum memenangkan gelar kelas ringan pada 2017 bersama Leopard Honda.

Setelah satu musim di Moto2 bersama Marc VDS, Mir naik ke MotoGP pada 2019 bersama Suzuki dan menjadi sosok paling konsisten pada 2020 setelah mengumpulkan tujuh podium, termasuk kemenangan perdananya akhir pekan lalu di GP Eropa.

Mir sekarang menjadi juara dunia MotoGP pertama yang juga memenangkan mahkota Moto3.

Dengan sisa satu putaran, Mir unggul atas Morbidelli dengan 29 poin, sementara Suzuki telah memenangkan gelar tim pada ulang tahun ke-100 perusahaan dan ke-60 dalam balapan.

Suzuki sekarang mengumpulkan 201 poin dengan Ducati dalam perebutan gelar konstruktor, saat pabrikan Jepang itu berpeluang menyegel gelar juara pabrikan pertama sejak 1982. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
joan mir,
#
juara dunia motogp,
#
juara motogp 2020,
#
grand prix valencia