MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Balapan GP India 2024 Dibatalkan, Ini Penggantinya

MAY 30, 2024@13:00 WIB | 135 Views

Tahun ini sejatinya menjadi gelaran kedua balapan MotoGP India. Namun sayangnya, balapan yang sejatinya akan digelar pertengahan September mendatang resmi dibatalkan dan akan digeser ke awal tahun depan.

Melansir situs resmi MotoGP, Rabu (29/5/2024), disebutkan alasan operasional dan keamanan menjadi faktor mengapa GP India tahun ini dibatalkan. Selain itu, alasan cuaca panas di bulan September yang dianggap terlalu panas dinilai kurang optimal bagi para penonton, tim, pembalap, serta pihak lain yang terlibat.

Pembatalan MotoGP India ini sendiri sudah melalui diskusi yang panjang antara pihak FIM, Dorna, IRTA, dan pemerintah Uttar Pradesh. Diketahui balapan GP India sendiri berlangsung di Buddh International Circuit yang berlokasi di negara bagian Uttar Pradesh, tidak jauh dari ibukota negara tersebut, New Delhi.

Sejatinya balapan MotoGP India akan digelar pada 20 hingga 22 September mendatang. Balapan GP India ini sejatinya akan menjadi seri 14 dari total 20 seri balapan tahun ini. Setelahnya, balapan akan berlanjut ke Sirkuit Mandalika dalam gelaran GP Indonesia seminggu setelahnya.

Batalnya seri MotoGP India membuat Dorna memasukan balapan pengganti untuk mengisi slot pertengahan September tersebut. GP Kazakhstan yang sejatinya mengalami pemunduran jadwal akhirnya yang mengisi slot balapan di India yang dibatalkan tahun ini.

Balapan GP Kazakhstan sendiri akan berlangsung di Sirkuit baru yang dinamai Sokol International Raceway. Balapan ini seharusnya berlangsung pada pertengahan Juni mendatang. Namun karena adanya bencana banjir serta masalah homologasi sirkuit membuat keberlangsungan balapan tersebut menjadi tanda tanya besar. [edo/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
gp india,
#
gp kazakhstan,
#
balap motor,
#
jadwal

X