MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Aleix Espargaro Dukung Gresini Jadi Tim Satelit Aprilia

MAY 08, 2021@15:30 WIB | 574 Views

Aleix Espargaro yakin tim Gresini Racing yang menjadi tim satelit resmi Aprilia pada 2022 akan menjadi ‘hal romantis’ setelah kematian Fausto Gresini pada Februari lalu karena infeksi Covid-19.

Pekan lalu diumumkan bahwa Nadia Padovani (istri Fausto Gresini) mengambil alih kepemilikan Gresini Racing dan telah menjadi kepala tim sebelum kembali ke status independen di MotoGP mulai 2022.

Aprilia - yang menegaskan komitmennya ke MotoGP hingga 2026 - tidak akan lagi menjalankan operasi pabriknya bersama Gresini seperti yang telah dilakukan sejak 2015, meskipun kedua belah pihak dapat tetap bersekutu melalui kemitraan satelit.

Aprilia belum memutuskan apakah akan menurunkan dua motor lagi pada 2022, tetapi Espargaro percaya itu ‘sangat penting’ bagi pabrikan untuk melakukannya dan merasa akan ‘baik untuk istri Fausto’ untuk melanjutkan dengan ‘proyek tim junior Aprilia’.

"Sangat penting memiliki tim satelit untuk membantu kami berkembang," kata Espargaro. “Kami memiliki contoh yang jelas dengan KTM dan Ducati, bahwa ketika tim resmi tidak berada di depan, tim satelit ada.

“Kami melihat dengan jelas bahwa dalam tim-tim itu levelnya meningkat dengan empat motor.

“Kami akan melihat apakah motor akhirnya pergi ke tim Valentino (Rossi) atau ke tim Gresini, yang menurut saya akan sangat romantis dan sangat baik bagi istri Fausto untuk melanjutkan proyek tim junior Aprilia, meskipun masih terlalu dini untuk mengatakannya.”

Rossi mengungkapkan tim VR46 - yang akan naik ke MotoGP pada 2022 - telah berbicara dengan Aprilia, Suzuki, Yamaha dan Ducati, dengan keputusan yang diharapkan dalam beberapa minggu mendatang.

Sejauh rencana satelit Aprilia sendiri berjalan, Espargaro yakin jika mereka menurunkan dua motor lagi, mereka harus identik dengan yang pabrik dalam hal spesifikasi untuk membantu pengembangan.

"Saya selalu meminta Massimo (Rivola, CEO Aprilia) untuk melakukan segalanya demi memiliki tim satelit, dan seperti yang saya minta tanpa mengetahui apa yang ada di belakang," tambah Espargaro.

“Saya juga meminta agar tim memiliki motor yang sama dengan saya, identik, membuat perbandingan yang membawa banyak hal positif, atau jika ada yang datang, misalnya Dovi (Andrea Dovizioso) yang bisa membantu mengembangkan motornya.

“Saya pikir empat motor identik menambah kualitas dan kemudian setiap pembalap bisa melakukan apa yang dia bisa. Kita akan lihat apakah bisa seperti itu.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aleix espargaro,
#
tim satelit aprilia,
#
motogp 2021