MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: 5 Fakta Menarik Tentang Valentino Rossi

OCT 10, 2021@09:00 WIB | 154 Views

Tidak ada rider lain yang bisa menandingi Valentino Rossi, yang status ikoniknya telah membuatnya menjadi image MotoGP.

Ketika seseorang menyebut nama Rossi, pikiran pertama yang akan muncul di benak adalah seorang rider MotoGP legendaris.  Dia mengokohkan namanya di dunia motorsport sebagai salah satu yang terbaik yang pernah ada. Dia menjadi terkenal di usia muda dan meraih kejuaraan dunia. Dia menarik perhatian sponsor terbesar di dunia.

Meski kini usianya sudah lebih dari 40 tahun, dia masih menjalani balapan profesional. Dan berikut adalah 5 fakta menarik tentang Valentino Rossi.

1. Satu-Satunya Rider Tim Satelit yang Memenangkan Gelar 500cc

Valentino Rossi memenangkan gelar 500cc pertama dengan raihan 325 poin. Dia adalah satu-satunya rider tim satelit yang mendapatkan gelar tersebut. Dia bekerja sama dengan Colin Edwards untuk balapan ketahanan Suzuka 8 Hours dan menjadi rider Italia pertama yang memenangkannya, meskipun dia tidak memiliki banyak pengalaman dengan superbike.

2. Salah Satu Rider yang Mencapai 100 Kemenangan

Pada 2009, Valentino Rossi mencatatkan posisi ketiga di Italia. Setelah itu, dia bertarung dengan Jorge Lorenzo sepanjang balapan untuk merebut kemenangan di Catalunya dan meraih pole-victory di putaran Belanda. Ini merupakan kemenangan ke-100 yang membuat Rossi menjadi rider kedua - setelah Giacomo Agostini - yang mencapai tonggak ini.

Baca juga: MotoGP: Valentino Rossi Sebut Balapan di COTA Adalah ‘Bencana’

3. Rider Yamaha Pertama yang Menang Di Sirkuit Honda

Pada tahun 2008, kemenangan Valentino Rossi di Laguna Seca dan Indianapolis juga berarti bahwa Rossi telah menang di setiap sirkuit di kalender pada saat itu dan kemenangannya di Motegi adalah kemenangan MotoGP pertamanya di trek itu, menjadi rider Yamaha pertama yang menang di sirkuit milik Honda.

4. Salah Satu Rider dengan Bayaran Tertinggi Di Dunia

Menurut perkiraan, Valentino Rossi adalah salah satu persona olahraga dengan bayaran tertinggi di dunia, dengan gaji tahunan $34 juta atau setara Rp482,2 miliar. Pada tahun 2009, dia menduduki peringkat ke-9 sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Dia bahkan diselidiki oleh otoritas pajak Italia atas dugaan penggelapan pajak. Rossi harus membayar €35 juta untuk menutup kasus tersebut.

Baca juga: MotoGP: Valentino Rossi Siap Jalani MotoGP Amerika Setelah Mencetak Podium di Tahun 2019

5. Satu-Satunya Rider Motogp yang Menyelesaikan 'A Lap Of The World'

Pada 2018, Valentino Rossi menyelesaikan balapan ke-40.075 km di Lap 15, yang setara dengan satu putaran keliling dunia. Circuito de Jerez Àngel Nieto menjadi saksi bisu saat Rossi menyelesaikan hampir 8.800 putaran dan melakukan perjalanan keliling bumi. Lap yang dipertimbangkan hanya lap balapan dan tidak termasuk lap latihan.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp,
#
valentino rossi,
#
fakta menarik,
#
fakta tentang valentino rossi