MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: 2022, MotoGP Kembali Menyelenggarakan Balapan di Hungaria?

NOV 15, 2019@17:00 WIB | 118 Views

Promotor MotoGP, Dorna Sports, telah mengumumkan kesepakatan awal untuk membawa Hungaria ke kalender balap 2022 telah tercapai.

Seri ini sempat direncanakan pada 2010 di sirkuit Balatonring, tetapi batal ketika sirkuit itu mengalami masalah finansial pada 2008.

MotoGP akhirnya mengisi slot kosong dengan putaran di Aragon (Spanyol), yang tetap menjadi bagian kalender balap sejak itu.

Rumor menghidupkan kembali balapan di Hungaroring dalam beberapa tahun terakhir pun bergema, meskipun tidak ada tindakan lebih lanjut dari berbagai pihak yang bersangkutan.

Namun sebagai bagian dari kalender yang terus berkembang, Dorna telah menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Hungaria untuk mengadakan perlombaan di sirkuit baru saat kontrak promotor perlombaan ditandatangani pada akhir Februari.

Laszlo Palkovics (Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria) mengatakan, "Saya sangat senang mengumumkan MotoGP akan kembali ke Hungaria.”

"Dalam waktu dekat, strategi untuk pengembangan olahraga motor Hungaria akan diserahkan kepada pemerintah, strategi ini akan mencakup berbagai tujuan dan tindakan, dan selain berhasil dalam olahraga dan dampaknya terhadap pariwisata, itu juga diperlukan karena industri memiliki dampak dominan pada keberhasilan ekonomi Hungaria.”

"Bidang intervensi utama adalah pengembangan Hungaroring dan infrastruktur olahraga domestik, di mana sirkuit baru dan acara MotoGP akan memainkan peran kunci."

Tidak ada rincian lebih lanjut dari tata letak sirkuit baru, namun yang sudah dipastikan ada di bagian timur negara tersebut.

Hungaria memiliki beberapa talent di arena balap Grand Prix dalam satu dekade terakhir, sementara Gabor Talmacsi tetap menjadi satu-satunya juara dunia ketika dia memenangi gelar 125cc pada 2007 silam.

Masih belum jelas tentang penambahan Hungaria ke kalender, namun jika itu terjadi, jadwal ke depannya akan terpengaruh karena 22 balapan diusulkan untuk 2022.

MotoGP sudah menetapkan target untuk berkembang selama beberapa tahun ke depan dengan kembalinya putaran di Finlandia (2020), Indonesia (2021) dan Brasil (2022), sementara Portugal juga dikabarkan sebagai tujuan potensial.

Masa depan beberapa acara tetap tidak pasti, termasuk GP Argentina, dengan empat balapan Spanyol saat ini di Jerez, Catalunya, Aragon dan Valencia tampaknya akan dibatalkan atau dilakukan secara bergantian demi mengakomodasi pertumbuhan kalender.

Bulan lalu, Dorna mengungkapkan pengurangan jumlah uji coba selama satu musim sebagai pertimbangan lain untuk mengakomodasi jumlah balapan yang berkembang, dengan hanya satu uji coba pra-musim di 2021 dan hilangnya dua hari uji coba pasca-GP Valencia sebagai bagian perencanaan musim depan.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
motogp kalender balap,
#
2022,
#
hungaria