MENU
icon label
image label
blacklogo

Morgan Akan Membangun Sembilan Edisi Spesial Plus 8 GTR

DEC 01, 2021@14:30 WIB | 423 Views

Morgan Plus 8 tersingkir tiga tahun lalu dengan Edisi Ulang Tahun ke-50, tetapi sekarang kembali. Namun ada yang berbeda kali ini.

Kisah di balik mobil ini cukup menarik. Morgan awalnya menjual sembilan sasis ke pembeli eksternal. Apa pun yang ada dalam pikiran pembeli eksternal tidak pernah membuahkan hasil, jadi Morgan mendapatkan sasisnya kembali dan memutuskan untuk membangun Plus 8 GTR.

Pada bagian atapnya, mobil ini cukup unik karena miring ke depan, lalu terdapat kap mesin yang panjang dan gril hitam. Cat eksterior dan paduan putih terinspirasi oleh mobil balap Big Blue dari tahun 1990-an. Morgan menggunakan mobil balap itu untuk mengembangkan sasis berikat-aluminiumnya. Pada akhirnya, sasis akan digunakan untuk model Aero 8 dan Plus 8.

Masing-masing dari sembilan kendaraan akan dibuat dengan menggunakan teknik tradisional Morgan. GTR tidak akan dibangun di pabrik Morgan yang ada melainkan di studio desainnya. Morgan mengatakan akan terus fokus pada produk intinya, dengan GTR menjadi salah satu dari beberapa proyek khusus selama bertahun-tahun.

Tenaga disediakan oleh mesin V8 4.8 liter yang disedot secara alami dari BMW. Unit putaran tinggi ini pertama kali digunakan beberapa tahun yang lalu pada X5 yang melaju lebih cepat sebelum BMW mengembangkan versi M yang lengkap. 

Sebagai standar, mobil tersebut menghasilkan 362 tenaga kuda, tetapi Morgan mengatakan akan memiliki lebih banyak di GTR. Tidak disebutkan jumlahnya, tetapi 362 tenaga kuda sudah lebih dari cukup untuk sebuah mobil yang beratnya kurang dari Mazda Miata.

Mesin dapat dikawinkan dengan transmisi manual atau otomatis enam kecepatan, dan mobil dengan penggerak kiri dan kanan akan dibuat. Salah satu mobil ini kemungkinan akan diimpor ke Amerika Serikat.

“Menghidupkan kembali Morgan bertenaga V8 mungkin bukan pilihan yang jelas pada saat ini bagi pabrikan yang secara tegas berfokus pada platform dan powertrain baru,” kata Jonathan Wells yang menjabat sebagai kepala desain Morgan.

“Namun, ketika ada kesempatan untuk mengaktifkan kembali beberapa sasis bergulir dan membuat proyek khusus yang menarik seperti Plus 8 GTR, kami menerima sepenuhnya. Proyek ini memungkinkan tim desain dan teknik Morgan untuk meninjau kembali beberapa elemen favorit mereka dari model Morgan di masa lalu, serta bereksperimen dengan beberapa fitur yang kami harap akan muncul di mobil Morgan masa depan.”

Meskipun Morgan merangkul masa depan, itu belum menjadi EV (kendaraan listrik). 3 Wheeler generasi berikutnya akan memiliki tenaga Ford turbocharged, dan saat ini sedang membangun Morgan Plus Four CX-T. [dhe/shf/timBX]

Tags :

#
morgan,
#
plus 8 gtr