MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Reli Nissan 370Z, Penghormatan Untuk Safari Datsun 240Z

JAN 11, 2021@14:00 WIB | 337 Views

Bicara soal kendaraan di masa mendatang juga identik dengan edisi reli. Pembaca yang tajam kemungkinan akan tahu bahwa fotografer dan penggemar otomotif Larry Chen memiliki titik lemah untuk Fairlady Z. Dengan demikian, episode terbaru dari Hoonigan AutoFocus menampilkan seluk beluk mobil reli 370Z Chris Forsberg yang dibangun sebagai penghormatan kepada Datsun 240Zs yang berkompetisi di Safari Rally pada tahun 1970-an.

Bagi yang belum tahu, acara tersebut merupakan ujian yang menakutkan bagi keterampilan dan keandalan pengemudi. Seiring dengan menempatkan Afrika Timur di peta motorsport global, maka acara ini mendapatkan gelarnya sebagai salah satu acara reli terberat di dunia. Bisa menaklukkan dan menang itu adalah prestasi yang dipandang setara dengan tiga kemenangan musim reguler.

Dengan reputasi acara tersebut dan fakta bahwa 240Z telah memenangkannya secara langsung pada tahun 1971 dan 1973, maka tak perlu dikatakan lagi bahwa Forsberg dan perusahaan harus mengisinya.

Mungkin penasaran mengapa Z Proto tidak digunakan sebagai pangkalan, tetapi sayangnya, proyek tersebut awalnya untuk dipamerkan di acara SEMA 2020 di Las Vegas, dan karena pandemi maka itu dibangun di atas hamparan es.  Itu sebabnya, 370Z mendapat penghargaan.

Tim ahli berjuang mencocokkan estetika dari pembalap reli aslinya. Seperti isyarat styling seperti kap hitam, lampu reli, dan roda balap kemungkinan besar akan tampak pertama, tetapi di dalamnya merupakan inspirasi klasik. Satu tambahan yang sangat sederhana namun efektif adalah pegangan di palka belakang. Alih-alih menjadi titik kontak tambahan menuju ke ban serep, ini sebenarnya digunakan untuk memberikan pengaruh kepada rekan pengemudi saat mobil melepaskan diri.

Bertentangan dengan etos kebanyakan mobil proyek, kreasi retro-modern ini dibuat dengan spesifikasi ARA (American Rally Association) penuh. Meski tak sepenuhnya siap untuk reli yang tepat, tapi bisa memulai di garis start siap untuk berlari. Mungkin tenaga kuda yang semestinya, karena seperti aslinya hanya menghasilkan sekitar 215 tenaga kuda (160,3 kilowatt) - dan hanya dilengkapi dengan sistem pembuangan baru dan filter jatuh.

Safari Rally mungkin tampak tidak penting bagi sebagian besar orang, tetapi tahap awal balapan ini menarik perhatian legenda reli seperti Hannu Mikkola, Ari Vatanen, dan bahkan Carlos Sainz Sr. Acara tersebut diatur untuk kembali ke kalender WRC pada tahun 2020 tetapi kemudian ditangguhkan tanpa batas karena Covid. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
mobil reli nissan 370z,
#
mobil reli,
#
nissan 370z,
#
safari datsun 240z,
#
larry chen