MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Listrik Ini Hasilkan Lebih Banyak Emisi Daripada Mobil Konvensional?

JUL 11, 2022@16:00 WIB | 254 Views

Hummers bertenaga bensin dikenal sebagai SUV yang boros bahan bakar, dan sebuah studi baru menemukan bahwa GMC Hummer EV baru mungkin berbagi inefisiensi energi yang sama dengan pendahulunya.

Studi ini menemukan bahwa dalam hal emisi hulu, yaitu emisi yang dihasilkan dari pembangkit listrik untuk menyalakan EV, Hummer menghasilkan 341 gram CO2 per mil. Itu masing-masing 106 dan 112 gram lebih banyak per mil daripada Ford F-150 Lightning dan Rivian R1T, dua pesaing terdekat truk.

Selain itu, Hummer listrik ternyata menghasilkan lebih banyak CO2 per mil daripada Toyota Corolla bertenaga bensin, yang memancarkan 269 gram per mil, serta Chevy Malibu yang menghasilkan 320 gram per mil.

Ini sebagian besar disebabkan oleh bobot berat Hummer yang sebesar 4.111 kg dan bentuk kotak yang tidak aerodinamis. Karena dua hal itu, drivetrain tidak hanya perlu bekerja lebih keras untuk mengatasi massanya yang berat, tetapi juga untuk menembus hambatan udara.

Namun, perlu dicatat bahwa angka emisi CO2 ini berbeda berdasarkan geografi untuk EV karena jenis energi yang digunakan untuk menghasilkan listrik bervariasi, dan sumber asli untuk angka 341 itu menunjukkannya sebagai rata-rata global. 

Sebagai perbandingan, di Uni Eropa, di mana ada adopsi sumber energi berkelanjutan yang semakin luas dalam beberapa tahun terakhir, jumlahnya hanya 166 gram per mil. Bahkan di Amerika Serikat, negara yang sering dianggap ketinggalan zaman dalam hal keberlanjutan, jumlahnya hanya 276, masih kalah dari kedua sedan yang disebutkan di atas.

Tidak hanya itu, truk-truk yang boros listrik ini masih lebih ramah iklim daripada rekan-rekannya yang mengusung mesin pembakaran internal, bahkan dengan kondisi yang sangat tidak efisien ini, Hummer EV tetap menghasilkan 103 gram CO2 lebih sedikit per mil daripada Ford F-150 bertenaga bensin.

Mengingat hal ini, tampaknya solusi terbaik untuk industri EV secara keseluruhan adalah dengan lebih fokus menciptakan kendaraan yang lebih ringan dengan aerodinamika dan drivetrain yang efisien, serta menggunakan sumber energi yang lebih ramah lingkungan di pembangkit listrik yang menghasilkan listriknya. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
hummer,
#
general motors,
#
hummer ev