MENU
icon label
image label
blacklogo

Mitsubishi Xpander Cross vs Suzuki XL7, Pilihlah Sesuai Kebutuhan

DEC 28, 2020@07:00 WIB | 647 Views

Ketika Suzuki XL7 diluncurkan dan Mitsubishi Xpander Cross juga turut meluncur, terpikirkan ini akan menjadi Xpander lain dibandingkan Ertiga tetapi lebih tinggi. Sekarang, itu mungkin benar, tetapi ground clearance tambahan bukanlah satu-satunya hal yang membuat mobil-mobil ini menarik untuk dibeli. Untuk sedikit di atas harga Rp250 juta, keduanya merupakan MPV tinggi. Berikut ini merupakan head to head antara Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7

Eksterior

Dari segi penampilan, kedua kendaraan ini memiliki ground clearance ekstra di atas penampilan model yang menjadi dasarnya. Xpander Cross terlihat seperti Xpander, tetapi dengan roda yang lebih besar dan extra body cladding ekstra. Ground clearance Xpander Cross setinggi 225 mm. Sedangkan bagian depan XL7, bagaimanapun, lebih berbeda dibandingkan dengan Ertiga. Anda memiliki lampu depan persegi dan cladding body, tetapi gen Ertiga terlihat ke arah samping dan di belakang. Ground clearance setinggi 200 mm.

Untuk tampilan Xpander dan Ertiga adalah konstan. Mereka berdua tampan, tetapi kendaraan yang lebih tinggi ini sedikit meningkatkan daya tarik mereka.

Interior

Xpander Cross menampilkan interior yang sangat mirip dengan Xpander generasi saat ini. Pelapisnya dilengkapi dengan opsi kulit. Muncul dalam warna coklat yang membedakannya dari model dasarnya. Elemen dan bentuknya sebagian besar sama, dan keakraban adalah kuncinya.

XL7 didasarkan pada Ertiga, dasbornya terlihat persis sama. Segala sesuatu mulai dari dasbor hingga roda kemudi tampak seperti berasal langsung dari Ertiga. Itu bukan hal yang buruk, begitu pula interior kulit hitam yang tersedia di luar negeri. Tampaknya Suzuki akan memperkenalkan 7-seater, tetapi dengan pilihan 6-seater, model berbasis Ertiga memiliki keunggulan dibandingkan MPV kecil lainnya.

Untuk yang satu ini, Xpander memiliki lebih banyak bakat berkat kulit halus dan coklat tua yang dipilih Mitsubishi, yang merupakan sentuhan bentuk yang bagus pada kabin yang berfokus pada kegunaan. Suzuki memiliki jumlah utilitas yang hampir sama tetapi dengan sentuhan yang lebih gaya. Ada lebih banyak lapisan bahan yang bisa ditemukan, tapi tidak warnanya. Tampaknya kedua kabin memiliki kelebihan masing-masing, dan keduanya akan bergantung pada apa yang akan lebih dihargai dan dibutuhkan oleh pemiliknya.

Teknologi

Xpander Cross memiliki sistem infotainment layar sentuh 7 inci yang dilengkapi dengan fungsi Bluetooth dan USB dan output ke sistem audio 6-speaker. Fitur keyless-entry juga menyertai paket MPV, dan itu berarti push-start akan menjadi standar bersama cruise control.

Untuk Suzuki XL7, sistem infotainment berukuran 10 inci, dan juga dilengkapi dengan Bluetooth dan USB untuk konektivitas. Mobil ini hadir dengan keyless entry system dan push-start button. Itu juga dilengkapi dengan rear camera, automatic climate contro, sistem audio 6-speaker, dan soket 12v dari depan ke belakang.

Xpander Cross tidak memiliki kamera cadangan di lembar spesifikasinya, sedangkan XL7 memilikinya. Suzuki tidak memiliki cruiser, tetapi Mitsubishi memilikinya. Silakan pilih di antara keduanya, tetapi faktanya adalah, sistem infotainment 10 inci pada XL7 jelas merupakan peralatan yang memukau, dan itulah yang disukai konsumen.

Safety

Xpander Cross memiliki dual front airbags, traction and stability control, ABS dengan EBD, emergency stop signals selama pengereman mendadak, dan ISOFIX untuk kursi anak. Ini adalah paket lengkap dari sistem keamanan pasif.

Di sisi lain, XL7 juga memiliki airbag ganda, ABS dengan EBD, Stability Control, Side-impact door beams, tetapi tidak ada traction control. Ini menjadi kurang aneh ketika Anda menemukan bahwa sekitar 103 tenaga kuda tidak akan benar-benar membakar karet dengan mudah. Xpander Cross sedikit menang dalam hal ini.

Mesin

Kedua model memiliki motor bensin 1,5 liter di bawah kapnya. Kedua motor menghasilkan tenaga yang hampir sama lebih dari 100 hp, dan angka torsi yang hanya berjarak 3 Nm, jadi keduanya harus seimbang. Bahkan hingga ke gearbox, tidak ada perbedaan yang terlihat di antara kedua model. Suzuki dan Mitsubishi telah melengkapi keduanya dengan transmisi otomatis 4 kecepatan, jadi cara mengemudi keduanya harus serupa.

Kesimpulan

Ketika sampai pada hal itu, Xpander dan XL7 memiliki keunggulan dalam hal fitur. Dengan hanya sedikit fitur yang memisahkan keduanya dari kelayakan mereka sebagai mobil hebat. Artinya, jika harganya sama. Mitsubishi sebenarnya menempatkan Xpander Cross mereka pada lineup yang sama dengan Xpander biasa, hanya saja kali ini duduk di urutan teratas. Dengan harga mulai dari Rp295,7 juta, Xpander Cross mungkin tampak seperti bayi-Montero Sport, tetapi harus jauh dari label harga Suzuki XL7.

Seedangkan XL7 dibandrol dengan harga mulai dari Rp232 juta. Dengan harga ini, rekomendasi untuk memilih XL7. Meskipun jika Anda mampu dan membayar Xpander Cross. Namun dengan perbedaan harga tersebut, pilihan bijak yang harus diterapkan konsumen, yang disesuaikan dengan kebutuhan. [ibd/timBX]

Tags :

#
mitsubishi xpander cross,
#
suzuki xl7,
#
mitsubishi,
#
mitsubishi xpander cross vs suzuki xl7,
#
suzuki