MENU
icon label
image label
blacklogo

Mini Cooper RWD Bertenaga V8 Jalani Debut di Goodwood

JUL 08, 2021@19:00 WIB | 154 Views

Cooper dihargai karena nuansa go-kartnya dan dinamika berkendara yang membuatnya menyenangkan untuk dikendarai. Namun, apa yang bisa membuat Mini lebih baik? Bagaimana dengan mesin V8 di bawah kapnya dan konfigurasi penggerak roda belakang (RWD)? Itulah tepatnya alasan penerapan proyek dari Powerflex ini. Spesialis pemasangan suspensi otomotif asal Inggris tersebut memperkenalkan Vini, Powerflex V8 Mini.

Intinya, Powerflex memperkenalkan Mini Cooper bertenaga V8 yang mengirimkan tenaga ke roda belakang di Goodwood House, Sussex Barat, Inggris. Mobil modifikasi ini menjalani debutnya dalam ajang tahunan Goodwood Festival of Speed 2021. Proyek gila ini membutuhkan waktu empat tahun untuk dibangun dan tidak sulit untuk membayangkan alasannya.

Vini didukung oleh mesin BMW S65 4,0 liter V8 yang menghasilkan 414 tenaga kuda (309 kilowatt), dan ditemukan pada M3 generasi F80. Seperti yang diharapkan, mereka memasang mesin berbentuk V secara longitudinal plus DCT-nya dalam sasis yang dirancang untuk mesin empat silinder melintang. Itu bukanlah tugas yang mudah. Untuk mengakomodasi setup baru tersebut, seluruh lantai pan dan bulkhead atau penyekat pada Mini harus diperkuat dan dikerjakan ulang.

Konon, mesin dan diferensial belakang kini berada di atas subframe Subaru Impreza STI yang dimodifikasi, dan semuanya dipasang dan dimediasi oleh poliuretan Powerflex. Suspensi Strut MacPherson juga dipesan lebih dahulu, dan diamankan pada bagian bawah mobil kustom ini. Hebatnya lagi, semua modifikasi ini dilakukan tanpa mengubah desain eksterior Mini Cooper tersebut. Kecuali pada flare fender lebar dan perubahan emblem yang kini bertuliskan Vini.

Hatchback wheelbase pendek bertenaga V8 ini menghasilkan bobot timbangan pada 1.300 kilogram (2.866 pon) setelah pertukaran mesin. Vini sendiri merupakan upaya kolaboratif antara anggota Performance Automotive Aftermarket Association Inggris. Para anggota tersebut di antaranya terdiri dari ED Motorsport, Litchfield Motors, Alcon, Tilton Engineering, Bilstein UK, Forge Motorsport, serta Goodridge. Tidak ketinggalan pula Aero Tec Laboratories (ATL), ITG, Cobra Seats, Lifeline, Racelogic, Syvecs, AiM Tech, dan Braid.

Seperti yang telah disebutkan, Powerflex menampilkan Vini dalam Goodwood Festival of Speed 2021 yang berlangsung dari 8-11 Juli 2021. Pameran tahunan yang menampilkan mobil-mobil balap bersejarah ini sudah terselenggara secara rutin sejak tahun 1993 di tempat yang sama.[ibd/timBX]

Tags :

#
mini,
#
cooper,
#
mini cooper,
#
mini cooper rwd,
#
goodwood,
#
vini,
#
powerflex v8 mini,
#
powerflex,
#
mini cooper bertenaga v8,
#
goodwood festival of speed,
#
bmw s65 4,
#
0 liter v8,
#
goodwood festival of speed 2021,
#
inggris