MENU
icon label
image label
blacklogo

Mini Cooper 5 Pintu 2025 Dirilis, Model S Tenaganya 201 Hp

JUN 13, 2024@13:04 WIB | 134 Views

Setelah Mini Cooper generasi baru debut tahun lalu sebagai EV, kini pabrikan telah merilis versi 5 pintunya. Untuk Mini Cooper 5 pintu ini hanya akan tersedia dalam varian bensin dan dalam dua model pilihan C dan S.

Perbedaannya apalagi kalau bukan dari segi ukurannya. Penambahan pilar B dengan perhitungan 2,8 inci pada jarak sumbu roda membuat bodinya meregang hampir 7 inci.

Itu tentunya memberikan ruang kaki yang lebih banyak sehingga lebih nyaman dari versi tiga pintu. Untuk ruang kargo, Mini mengklaim daya angkutnya mengalami peningkatan siginifkan dari 28,2 kaki kubik menjadi 32,6 kaki kubik dengan syarat kursi belakang dilipat.

Di dalam, terdapat interior sederhana yang sama dengan Mini tiga pintu, dengan layar sentuh OLED melingkar 9,4 inci yang menjalankan perangkat lunak Sistem Operasi 9 baru termasuk navigasi satelit dan asisten suara 'Hey Mini'.

Terdapat bahan tekstil daur ulang yang melapisi dasbor, yang tidak memiliki layar instrumen khusus – kecepatannya justru ditampilkan di layar sentuh, plus tampilan head-up di depan pengemudi. Pemilih gigi telah berpindah ke kumpulan sakelar di bawah layar utama, yang juga mencakup rem parkir, pengatur volume, dan tombol start/stop.

Untuk eksteriornya, hatchback ini tidak mendapatkan perubahan berarti dan desainnya sangat identik seperti saudaranya. Di depan ada lampu LED bulat khas Mini, lalu ada kaca sampul dan gril depan yang berbentuk segi delapan dan di belakang, akan menemukan lampu belakang LED yang terinspirasi dari cluster vertikal Mini asli.

Mini Cooper 5 pintu menawarkan empat opsi trim, yaitu pertama ada Essential adalah penawaran dasar, dengan eksterior minimalis dan finishing eksterior Vibrant Silver. Lalu. Trim Klasik sedikit lebih menarik berkat atap kontrasnya (hitam atau putih) atau atap Multitone dengan finishing gradien yang tidak biasa. 

Selain itu juga ada Trim Favored yang dikenali dari rangka gril dan elemen eksterior lainnya yang dilapisi Vibrant Silver. Terakhir, Trim JCW menambahkan bemper yang lebih sporty, diffuser belakang, dan atap kontras Chili Red yang tersedia.

Sekarang ke powertrain, dimana Mini awalnya hanya menyiapkan model S untuk varian bensin. Namun akhirnya menyiapkan model C yang dilengkapi mesin tiga silinder 1,5 liter turbocharged yang menghasilkan 154 tenaga kuda dan torsi 170 pon-kaki. 

Sementara, untuk pengguna yang ingin sedikit ngebut bisa memilih model S. Anda mendapatkan silinder ekstra untuk turbo Anda—mesin empat silinder 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 201 hp dan putaran 221 pon-kaki.

Penambahan pintu secara otomatis membuatnya lebih berat dan lambat. Ini berpengaruhi terhadap daya akselerasinya yakni dari Nol hingga 62 mph (100 kpj) membutuhkan 8,0 detik pada model dasar, dan 6,8 detik untuk S.

Produksi Cooper lima pintu dimulai pada bulan Juli ini, dan Cooper S mencapai dealer pada bulan September. Sementara itu, Coopers lima pintu model dasar akan mulai dijual di AS pada Januari 2025. Cooper S lima pintu akan dijual mulai dari $34.195, sedangkan harga Cooper C akan diumumkan kemudian. [wic/timBX]

Tags :

#
mini cooper,
#
mini cooper 5 pintu,
#
cooper s

X