MENU
icon label
image label
blacklogo

MINI Clubman dan Countryman JCW Bakal Ditenagai Mesin BMW X2 M35i

FEB 13, 2019@13:25 WIB | 1,421 Views

Sama seperti BMW yang menjadi induknya, setiap mobil MINI juga punya varian kencang. MINI memberikan embel-embel John Cooper Works (JCW), sebagai penandan varian berperforma tinggi dari semua jajaran mobilnya.

Tenaga yang dimiliki oleh mobil-mobil MINI JCW tak sampai 250 dk. Jika dibandingkan dengan sport car, output tenaga MINI JCW tentu tak bisa dibilang istimewa. Sebab mayoritas sport car mempunyai tenaga mesin di atas 300 dk.

Namun mengingat MINI bukanlah brand pembuat sport car, dan lebih mengedepankan pengalaman berkendara di setiap produknya, maka tenaga yang dimilikinya itu sebenarnya sudah cukup untuk membuatnya bisa dibilang kencang.

MINI tahu kalau tidak sedikit konsumennya yang menginginkan performa yang lebih buas. Untuk memenuhi kemauan konsumennya tersebut, brand asal Inggris ini sudah berencana untuk memasangkan mesin milik BMW X2 M35i pada Clubman dan Countryman JCW.

Karena akan memakai mesin kepunyaan BMW X2 M35i, otomatis performa MINI Clubman dan Countryman JCW akan mengalami peningkatan. Selain itu, dapat dipastikan pula dengan pemakaian mesin baru ini, bakal membuat tenaga mesin MINI Clubman dan Countryman bisa menembus angka 300 dk.

Mesin yang dipakai BMW X2 M35i memiliki kapasitas sebesar 2.0 L empat silinder segaris dengan turbocharged, yang mempunyai tenaga sebesar 302 dk yang berada di rentang 5.000 – 6.250 rpm, dan torsi 450 Nm, yang terbentang dari 1.750 – 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua rodanya melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

Menilik spesifikasinya, sepertinya hanya sektor transmisi saja yang tidak diubah oleh MINI untuk Clubman dan Countryman baru. Di luar hal itu, BMW tidak membedakan output tenaga mesin X2 M35i untuk Clubman dan Countryman JCW, maka kedua model MINI tersebut dipastikan bakal memiliki performa yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sebagai perbandingan, mesin lama yang digunakan oleh MINI Clubman dan Countryman JCW mempunyai tenaga sebesar 228 dk. Dengan kata lain, selisih tenaga antara mesin lama MINI Clubman dan Countryman JCW dengan kepunyaan X2 M35i adalah sebesar 74 dk.

Merujuk pada laman Motoring File, rencananya MINI Clubman dan Countryman bermesin baru ini akan diluncurkan di Eropa pada Maret nanti, dan kemudian disusul untuk pasar Amerika Serikat. MINI belum menyebutkan berapa harga jual dari kedua mobilnya yang bakal memakai jantung pacu baru itu. [APSG/timBX]

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Berbagai sumber

Tags :

#
mini,
#
mini clubman,
#
mini countryman,
#
bmw x2 m35i