MENU
icon label
image label
blacklogo

Membuat Rekor, Honda Civic Type R Dibuat Hanya Dalam 7 Bulan

AUG 03, 2021@09:00 WIB | 247 Views

Dinobatkan sebagai pemegang rekor kelas jalanan FK8 2017, kendaraan ini tak hanya hebat sebagai kendaraan sehari-hari, tetapi juga luar biasa di lintasan yang terfokus. Maka tak heran jika Honda Civic Type R FK8 ini menuai banyak pujian dan terbukti bahwa memiliki performa yang luar biasa untuk tugas jalanan.

Semuanya berjalan sesuai rencana dan tipe "R" terbukti berhasil menjadi kendaraan sehari-hari yang sempurna dengan tenaga pabrik yang solid dan semua fasilitas untuk membuat pengemudinya tetap nyaman dalam perjalanannya.  Sekarang untuk klarifikasi perbandingan dengan Integra RS, mobil trek yang sangat mumpuni. Mobil ini ringan dengan pengaturan suspensi yang tepat dan sangat fokus pada waktu putaran.

Pembuatan kendaraan ini bermula dari ide pembuat mobil Jose, yang cukup lama melakukan penelitian bersama temannya, membuat ide untuk membangun mobil Kelas Jalanan ke Angel from Art of Attack. Jose menjelaskan bahwa pembuatan mobil, itu tidak terlalu banyak waktu, tetapi pengembangan kendaraan, lebih dari sekedar menambah tenaga dan daftar barang suspensi. Mereka pun memulai pengujian dan setelah beberapa hari lintasan, beberapa komplikasi, suspensi dan penyetelan mesin, dan beberapa malam tanpa tidur, mereka siap untuk Final Global Time Attack (GTA) di Buttonwillow.

Hari Balap

Tiba di hari pelaksanaan GTA, dimana acara ini menyatukan beberapa mobil Time Attack tercepat di Buttonwillow. Pembuat mobil Jose mengklik 1:50.6 - hampir 10 detik lebih cepat dari baseline terbaiknya, dan cukup untuk menangkap rekor FWD Street Class baru untuk boot. Sampai akhirnya sebulan kemudian, Jose kembali ke Buttonwillow untuk trek hari lain dan berhasil mengubah 1:49,9 untuk mengalahkan rekornya sendiri sebelumnya.

Kelebihan Daya

Formula yang dibuat Jose dan Angel terdiri dari keseimbangan peningkatan yang, digabungkan, dan disesuaikan. Di sisi tenaga, PRL Motorsports dipilih untuk turbo P600, intercooler, downpipe, pipa inlet titanium turbo, dan intake. Untuk membawa lebih banyak bahan bakar ke K20C1, upgrade sistem bahan bakar dipasang Tipe R Hondata, dan knalpot Burns Stainless yang dibuat khusus untuk mendorong gas bekas keluar.

Untuk FK8 meski mendapatkan banyak kritik, namun bagian ini berperan dalam peningkatan  daya tambahan. Sayap asli diganti dengan versi APR yang jauh lebih tinggi dan lebih lebar, sementara di bagian depan, bumper Spoon Sports, dilengkapi dengan splitter depan karbon RS Future, membantu menyeimbangkan kedua ujungnya. Block-off dan ducting yang dibuat khusus diintegrasikan ke dalam bukaan bumper oleh Ken Suen dari KSR, yang juga menciptakan dukungan radiator atas satu kali untuk Koyorad dan dengan sistem yang apik dapat memasang atau menurunkan bumper Spoon dan splitternya dalam waktu sekitar satu menit.

Mencapai target trek yang diinginkan dengan versi baru dalam waktu kurang dari satu tahun tidak sering terjadi, tetapi tentu saja, ini baru permulaan. Jose menambahkan, "Ini tidak mungkin terjadi tanpa tim teman dan toko yang merupakan bagian dari pembangunan ini. Dengan mobil yang saat ini sedang istirahat musim panas, kami berencana untuk kembali pada musim trek berikutnya untuk mencapai batas baru."[eli/shf/tiBX]

Tags :

#
honda,
#
mobil honda,
#
cetak rekor,
#
civic type r