MENU
icon label
image label
blacklogo

McLaren Senna Kalahkan Catatan Raja Nurburgring Porsche GT2 RS di Portimao Portugal

MAY 20, 2019@17:00 WIB | 821 Views

Sirkuit Portimao, Portugal menjadi ajang pembuktian McLaren Senna merobek waktu tercepat, ,mengalahkan catatan waktu LaFerrari, Porsche 918 dan saudara tuanya McLaren P1.  Sebelumnya, sirkuit ini juga menjadi ajang Penyelengaraan Pure McLaren One Make Series tahun 2018. Namun pada gelaran balap amatir ini  armada yang digunakan adalah McLaren 570S GT.  Jadi  bisa disimpulkan Sirkuit Portimao cukup akrab dengan hypercar Inggris ini.

McLaren P1 telah menutup waktu putaran tercepat dengan 1 menit, 51,78 detik. Sedangkan pengetesan terbarunya, McLaren Senna telah mencatatkan waktu terbaru 1 menit, 48,33 detik. Sayangnya catatan tersebut tidak dianggap sebagai catatan lap yang resmi, karena tidak dibackup oleh tim profesional. Kedua juga tidak ada ratifikasi dari otoritas tertentu. Ketiga alasan peralatan pencatat waktu yang lebih basic diperlukan dari yang digunakan sekarang.

Apa perbedaan mendasar setingan antara McLaren P1 dengan McLaren Senna.  Saat pengujian McLaren P1 telah menggunakan race mode, dan didukung dengan ban Pirello P-Zero Trofeo R yang cukup lengket di aspal trek. Hal itu yang membuat, McLaren P1 tidak menjadi komoditas legal. Sementara untuk McLaren Senna saat dilakukan pengetesan, tidak dibarengi dengan dukungan elektrifikasi dari pabrikan, serta tidak menggunakan ban trek.

Lantas siapa pembalap yang juga mengalahkan McLaren P1 dengan catatan waktu 1 menit 51,78 detik. Dia adalah Chis Harris, dia menggunakan Porsche GT2 RS yang telah dimodifikasi tuner Manthey, dengan irisan waktu 1 menit 49,5 detik.  Dilain pihak Porsche GT2 RS adalah pemegang rekor Nurburgring hingga saat ini.

Bagaimana bila kenyataannya McLaren Senna memangkas lap terbaik di Portimao dengan 1 menit 48,33 detik. Itu berarti untuk mengalahkan Porsche GT2 RS, McLaren Senna segera melakukan pengujian di lintasan The Ring, sebagai mobil produksi tercepat menggantikan Porsche GT2 RS. Kapan waktunya, kita tunggu tanggal mainnya.

Catatan pecah rekor ini juga perlu digaris bawahi. Hanya dengan McLaren Senna asli pabrikan, tidak menggunakan seri GT, sudah bisa mengalahkan catatan waktu Porsche dan P1. Dalam waktu dekat pengujian akan dilakukan di sirkuit Algarve, seperti halnya Aston Martin Valkyrie atau AMG One yang mungkin saja dapat mengalahkan Senna dikemudian hari. [Ahs/timBX]

Tags :

#
sirkuit portimao,
#
sirkuit portugal,
#
mclaren senna,
#
mclaren p1,
#
porsche gt2 rs