MENU
icon label
image label
blacklogo

Max Verstappen: F1 Butuh Sosok Diktator Untuk Tegakkan Peraturan

JUN 15, 2019@14:18 WIB | 2,110 Views

Max Verstappen mengatakan Formula 1 membutuhkan sosok diktator untuk memilah aturan dengan benar, karena terlalu banyak kepentingan pribadi dari tim.

Ketika F1 terus berupaya untuk mencapai konsensus mengenai rencana untuk perbaikan regulasi 2021, Verstappen berpikir bahwa itu adalah kesalahan karena membiarkan berbagai pihak tim terlalu banyak bicara tentang apa yang terjadi.

"Anda tahu apa itu, semua orang berbicara untuk diri mereka sendiri," kata Verstappen tentang kemungkinan perubahan aturan 2021.

"Mercedes tentu saja sangat senang dengan peraturan-peraturan ini. Dalam pandangan mereka, ada sedikit yang perlu diubah. Dan tim-tim yang tidak melakukannya dengan baik saat ini, mereka tentu saja menginginkan peraturan yang berbeda, tetapi kemudian mungkin mereka memiliki suara yang lebih kecil dalam hal ini.

"Jika Anda memiliki mesin Ferrari sebagai tim pelanggan, Anda mendukung Ferrari, dan jika Anda adalah tim pelanggan di Mercedes, maka Anda bersama Mercedes. Ada begitu banyak politik di balik ini. Seharusnya hanya ada satu orang di FOM atau FIA yang menjadi penentu.”

Verstappen juga berpikir F1 perlu lebih berkomitmen pada peraturan yang stabil daripada terus-menerus mencoba mengubah banyak hal untuk menutup lapangan atau menghentikan satu tim mendominasi.

"Satu tim akan selalu melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan aturan daripada yang lain," tambahnya. "Pada akhirnya, saya pikir lebih baik jika Anda menjaga aturan yang sama untuk jangka waktu yang lama, karena kemudian semuanya menyatu.”

"Pada titik tertentu Anda hanya perlu mengatakan ‘ini adalah aturannya dan kami akan menaatinya selama sepuluh tahun ke depan. Dan setelah lima atau enam tahun Anda akan melihat bahwa itu akan sangat dekat.”

Sementara banyak fokus untuk perubahan 2021 adalah pada peningkatan kesetaraan finansial antar tim, Verstappen berpikir bahwa hal paling penting yang perlu diubah adalah karakteristik ban dan cara downforce yang saat ini dihasilkan.

"Masalah besar yang kita miliki sebagai pengemudi adalah bahwa kita tidak bisa memaksimalkan keadaan ketika kita berada di belakang seseorang karena ban terlalu panas, dan Anda tidak dapat mengikuti setiap orang karena terlalu banyak kehilangan downforce," kata pembalap Red Bull tersebut.

"Pada akhirnya, itu adalah hal terpenting yang harus kita kerjakan untuk membuatnya lebih baik bagi penggemar. Hanya saja pada lintasan tertentu Anda bisa melaju lebih lambat daripada yang harus Anda lakukan, dan masih tidak ada yang akan melewati Anda karena Anda tidak bisa saling mengiku

Tags :

#
verstappen f1,
#
peraturan f1,
#
ferarri