MENU
icon label
image label
blacklogo

Lima Model McLaren Senna GTR LM Rayakan Dominasi Le Mans 1995

SEP 18, 2020@17:00 WIB | 576 Views

Lima model khusus McLaren Senna GTR LM baru saja diresmikan oleh pabrikan mobil asal Inggris tersebut.  Lima Senna GTR LM khusus telah dibuat untuk merayakan lima McLaren F1 GTR yang mendominasi Le Mans 24 Jam 1995. Semua contoh dibuat oleh Operasi Khusus McLaren / McLaren Special Operation (MSO) dan masing-masing dilengkapi dengan skema cat unik mereka sendiri.

Masing-masing mobil telah dirancang untuk meniru tampilan F1 GTR yang finish di urutan 1, 3, 4, 5, dan 13 selama 24 Jam Le Mans. MSO membutuhkan setidaknya 800 jam untuk mengecat masing-masing dari lima Senna GTR LM. McLaren juga harus meminta izin khusus dari perusahaan seperti Gulf dan Harrods, serta penyelenggara Le Mans Automobile Club de l'Ouest (ACO) untuk membuat berbagai logo dan merek dagang. Satu-satunya potongan vinil di bagian luar adalah stiker pemeriksaan yang dibuat ulang di atap setiap mobil.

Yang pertama adalah McLaren Senna GTR LM 825/1, dibuat sebagai penghormatan kepada McLaren F1 / 01R yang sering dikenal sebagai 'Mobil Klinik Ueno' yang memenangkan Le Mans pada tahun 1995. MSO mampu mereplikasi dengan sempurna cat abu-abu arang ikonik dari mobil balap dan bahkan mampu meniru berbagai lampu driving car.

Kedua adalah Senna GTR LM 825/6 yang dikenal sebagai 'The Harrods car.' F1 yang dihormati dikendarai oleh Andy Wallace, Derek Bell dan Justin Bell dan bisa saja memenangkan perlombaan tetapi mengalami masalah transmisi dan harus pincang di posisi ke-3. Itu memiliki corak kuning cerah dengan garis hijau yang berani. Tim MSO telah mengecat Senna dengan Solar Yellow sementara finished dengan Heritage Green.

Ketiga adalah McLaren Senna GTR LM 825/2, dibuat sebagai penghormatan kepada McLaren F1 / 02R yang juga dikenal sebagai 'The Gulf car.' F1 ini finish di urutan keempat pada balapan ketahanan ikonik dan warna biru Gulf Racing yang berkesan telah direplikasi. Ia juga menampilkan roda OZ Racing dan tanda tangan Ayrton Senna telah diciptakan kembali pada bagian belakang bodywork.

Memberi penghormatan kepada McLaren F1 / 07R, yang lebih dikenal sebagai 'The Jacardi car,' adalah Senna GTR LM 825/7. Ini memiliki corak biru kerajaan dan juga termasuk logo dari Elf, perusahaan minyak Prancis yang mensponsori Le Mans 24 Jam 1995. Terakhir adalah Senna GTR LM 825/5, sebuah penghormatan kepada F1 / 05R yang finish di urutan ke-13 dalam balapan. Mobil ini membutuhkan waktu paling lama untuk pengecatan karena menggunakan airbrushing yang ekstensif untuk memasukkan waktu putaran posisi terdepan dan berbagai isyarat merek Le Mans.

Lima mobil khusus dikirim ke pelanggan di Amerika Serikat, Eropa, dan Inggris.

Kepala Eksekutif McLaren Mike Flewitt dalam sebuah pernyataannya mengungkapkan, mobil-mobil luar biasa dari koleksi McLaren Senna GTR LM adalah cara yang sangat tepat untuk merayakan ulang tahun ke-25 kemenangan Le Mans McLaren pada tahun 1995.

“Pencapaian itu secara luas diakui sebagai salah satu performa balap ketahanan terbesar sepanjang masa, tetapi bagi McLaren, kepentingannya bahkan lebih besar karena menunjukkan hubungan langsung dan tak terbantahkan antara DNA balap dan awal perjalanan road car kami,” pungkasnya. [ibd/timBX]

Tags :

#
mclaren senna gtr lm,
#
le mans 1995,
#
mclaren f1 gtr,
#
mclaren