MENU
icon label
image label
blacklogo

Legenda Suzuki Kevin Schwantz : Vinales Bisa Kembali ke Suzuki Jika Rins Mengisi Tim Satelit Garputala

JUL 10, 2021@12:00 WIB | 189 Views

Joan Mir ditanya tentang apakah mesin 4 silinder inline milik Suzuki GSX-RR sama dengan kinerja mesin Yamaha M1 4 silinder crossplane.  Di laman crash.net  Mir menjawab cukup enteng, bahwa mesin GSX RR lebih agresif dari mesin M1. 

Sebagai pemasok mesin 4 silinder segaris Yamaha M1 dan Suzuki lebih sering dikelompokkan sebagai mesin yang sama dalam hal berkendara dan kekuatan teknisnya. 

"Ini menjadi pertanyaan yang sulit, karena saya hanya melihatt dari luar saja serta hasilnya," jawab Mir saat ditanya tentang dua mesin tersebut.

"Saya fikir secara kinerja tidak terlalu mirip, meski keduanya memiliki mesin inline 4 silinder, namun karakternya cukukp berbeda," tambah Mir.

Jika Anda memperhatikan cara mengendarai Yamaha memang berbeda dengan Suzuki. "Suzuki lebih agresif dan lebih banyak variasi gerakan, sementara Yamaha terlihat lebih halus," tambah Mir.

Jika melihat dari 1/2 gelaran MotoGP 2021, tim Suzuki hanya menang dengan gaya konvensionalnya. Tidak ada kemenangan bagi Suzuki kecuali hanya mencuri 3 podium. Sembilan balapan dimenangkan oleh 4 balapan Quartararo dan satu kemenangan Vinales. Sementara mesin V4 saling berbagi kemenangan Jack Miller (Ducati), Miquel Oliveira (KTM) dan Marc Marquez (Honda).

Tidak diuntungkan di 9 seri balapan, Mir pun sanggup untuk menempati klasemen ke empat. Artinya sudah jelas, dengan kondisi apapun Mir akan bertarung untuk memberikan tampilan dan memberikan show yang baik dalam sebuah pertunjunkan MotoGP. Seperti tahun lalu, Mir mulai panen podium di semester ke dua, meski hanya satu kemenangan yang menjadi M1R mengantarkan Suzuki Ecstar. 

Nasib yang berbeda dialami Rins dimana dirinnya tidak bisa bersinar seperti tahun lalu. Minimal finish di akhir tahun 2021 di tiga besar.  Setingan GSX RR mulai dikembalikan seperti yang disettingkan ke Rins tahun lalu. Dan itu bisa menjadi jalan Rins mengamankan posisi rider Suzuki hingga tahun 2022.

Atau kemungkinan mengikuti tukar guling jika Rins ke tim Yamaha Satelit, sementara Vinales yang belum sempat mencicipi juara dunia bisa kembali ke Suzuki, seperti yang diucapkan Kevin Schwantz di Speedweek.com.  [Ahs/timBX]


 

Tags :

#
kevin schwantz,
#
maverick vinales,
#
joan mir,
#
alex rins