MENU
icon label
image label
blacklogo

Lebih Liar, Kawasaki W800 Dengan Custom Motorcross ala Vintage

JAN 22, 2021@14:00 WIB | 265 Views

Keserbagunaan Kawasaki W800 hanyalah salah satu dari banyak daya tariknya. Lihat bebera kemungkinan ke dalamnya, dan siappaun akan melihatnya seperti raja jalanan berlumpur. Tapi bagaimana kalau mengubahnya menjadi motorcrosser vintage? di mana motor aslinya hampir tidak bisa dikenali.

Itu membutuhkan imajinasi, bakat, dan dedikasi yang sama, dan Mário Raphael Soares memiliki ketiganya. Dia telah menjalankan MRS Oficina di Paris selama beberapa tahun terakhir, tetapi baru saja memindahkan bengkelnya kembali ke kota asalnya di Chaves, Portugal.

Kawasaki W800 ini adalah kolaborasi keempatnya dengan Kawasaki Prancis, dan proyek terakhir untuk peluncuran tokonya di Paris.

Idenya adalah untuk memodifikasi motor bergaya retro dengan getaran motorcross, murni untuk penggunaan off-road dan dengan beberapa kemampuan yang sebenarnya. Estetika keseluruhannya mengingatkan kita pada sebuah era daripada satu motor tertentu, tetapi jika bukan karena suspensi modern dan cat baru, itu akan dengan mudah dianggap sebagai stocker vintage.

Butuh lebih dari beberapa jepitan dan lipatan untuk mencapai tampilan ini. Sebagai permulaan, Mario harus mempersingkat dan mempersempit tangki stock untuk mendapatkan proporsi yang tepat. Hal itu menyisakan terlalu sedikit ruang untuk pompa bahan bakar dan jumlah bensin yang layak untuk ditempati, jadi dia juga membangun tangki tambahan di bawah jok untuk menahan pompa.

Mário membuat beberapa perubahan halus pada rangka, tetapi tetap mempertahankan putaran belakangnya yang panjang dan kusut, hanya menambahkan tab baru untuk spatbor belakang. Di bagian atas adalah jok baru yang lebih gemuk, dan di sisi-sisinya ada sepasang papan nomor aluminium buatan tangan. Spatbor gaya uji coba vintage juga dibuat khusus.

Bodywork klasik W800 dilengkapi dengan spesifikasi suku cadang yang sepenuhnya modern. Di depan, Mario menggabungkan kuk dan garpu Showa terbalik dari Kawasaki KX450F.

Untuk bagian belakang, ia menggunakan swingarm aluminium aftermarket, lalu memendekkannya beberapa inci dan melas pada dudukan shock baru. Ini terhubung ke sepasang guncangan Öhlins yang dibuat khusus, berukuran lebih panjang dari stock.

Roda terdiri dari velg Excel 21F/18R yang diikat ke hub Talon, dan dibungkus dengan ban silang Bridgestone. Mário memasang sistem rem penuh dari sponsor proyek Beringer termasuk cakram, kaliper, dan silinder utama, dengan pelat khusus untuk mengatur posisi kaliper belakang.

Kita juga akan menemukan kontrol Beringer di bagian atas, dipasang bersama dengan setang dan grip Renthal. Dan karena Kawasaki ini tidak perlu berada dijalanan umum, kabelnya telah disederhanakan menjadi hanya tombol start dan kill switch.

Dengan 400 jam kerja dalam proyek ini, setiap detail sangat diperhatikan. Ada pelat bash khusus di bagian bawah, dan jika mengintip ke depan, Anda bahkan akan melihat brake line guide khusus yang dipasang ke kuk bawah.

Ada juga satu set pasak kaki KX450F yang mencengkeram, dan chain guidedi belakang untuk memperhitungkan sudut swingarm baru yang radikal.

Sistem twin exhaust adalah pekerjaan baja tahan karat, juga dibuat oleh Mário. Ini termasuk dB killer untuk menjaga tingkat kebisingan yang wajar, dan dia pun memasang sensor emisi OEM, sehingga twin yang diinjeksi bahan bakar akan berjalan dengan lancar. Sepasang filter busa juga menambahkan kualitas motor ini.

Motor twin paralel W800 bisa dianggap sebagai fitur tercantiknya. Tapi dibutuhkan kursi belakang di sini.

Mário menangani segala yang ada di proyek ini sendiri, kecuali pelapis dan catnya. Ini juga merupakan livery yang mematikan, dengan palet yang dipinjam dari KX500 tahun 1980-an. Itu dilengkapi dengan beberapa bagian aluminium mentah, dan sentuhan akhir biru yang halus pada rangka.

Detailnya sama apiknya, mulai dari motif 'W' di jok hingga lencana tangki 'MRS Oficina' bermesin CNC yang meniru item stock W800. Dan sebagai penghargaan tambahan, Mario memasang satu set 'ones' ke papan angka, mewakili dominasi pembalap tim Kawasaki Eli Tomac di kejuaraan AMA Supercross 2020. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kawasaki w800,
#
motor custom,
#
motor custom motorcross,
#
custom gaya,
#
vintage