MENU
icon label
image label
blacklogo

Land Rover Rilis Discovery Sport dan Evoque plug-in hybrid

APR 22, 2020@21:30 WIB | 109 Views

Saat ini Land Rover telah melawan tren industri otomotif yang sedang shutdown yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dengan meluncurkan dua mobil terbarunya yakni Discovery Sport PHEV dan Range Rover Evoque PHEV.

Perencanaan pembuatan powertrain ini dimulai pada tahun 2016 dan dilakukan bersamaan dengan penciptaan Premium Transverse Architecture (PTA), yang memulai debutnya tahun lalu di Evoque baru dan Discovery Sport terbaru.

Kedua model PHEV yang dijuluki P300e ini menggabungkan mesin bensin Ingenium 197 hp turbocharged tiga silinder 1.5-liter baru dengan gearbox otomatis delapan percepatan dan motor listrik bertenaga 107 hp yang dipasangkan ke gardan belakang. Yang terhubung ke paket baterai berkapasitas 15kWh dari Samsung. Hasilnya adalah output sistem gabungan ini menghasilkan tenaga 296 hp, dengan torsi 539 Nm.

Model P300e juga merupakan anggota tercepat dari jajaran produk Land Rover. Evoque P300e dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/h dalam waktu 6,1 detik dan Discovery Sport dalam waktu 6,2 detik. Keduanya mampu mencapai kecepatan hingga 135 km/h dengan menggunakkan daya listrik saja. Pada kecepatan di atas itu, motor listrik dipisahkan untuk mengurangi hambatan aerodinamis, dan membuat mobil menjadi penggerak roda depan.

Mengisi daya mobil di rumah dapat dilakukan melalui kabel Mode 2 dan soket tiga pin, yang membutuhkan waktu 6 jam 42 menit, atau dengan menggunakan wallbox 7kW AC, yang dapat mengisi baterai dari kosong hingga 80% hanya dalam waktu 1 jam 24 mnt. Tersedia juga fitur pengisian cepat DC hingga 32 kW yang dapat mengurangi waktu pengisian dari 0 hingga 80% menjadi 30 menit.

Port pengisian baterai diletakkan pada bagian fender belakang, di sisi yang berlawanan dengan tutup pengisi bensin. Mengembangkan teknologi baru dan sistem kontrol untuk sistem hybrid plug-in penggerak empat roda merupakan tantangan.

Penggunaan mesin tiga silinder adalah bagian inti dari ini. Unit ini sendiri lebih ringan 37kg dari versi mesin konvensional yang menjadi dasarnya, dan Land Rover mengklaim bahwa mobil ini akan mengalami gesekan yang sangat rendah. Bahkan mobil ini menawarkan aliran gas buang yang lebih baik untuk meningkatkan respon turbo.

Unit penggerak listrik gardan belakang ini ditempatkan di antara suspensi belakang integral-link dan tidak memerlukan propshaft fisik, sehingga drivetrain tidak mengganggu ruang interior.

Evoque P300e dibanderol mulai dari £ 43.850 atau sekitar Rp.844.138.392 dalam trim S. Trim SE dan HSE paket R-Dynamic, yang menghadirkan gaya sporty juga akan tetap tersedia. Sementara Discovery Sport hadir dalam tiga trim yang sama tetapi hanya dengan paket R-Dynamic. Harganya mulai dari £ 45,370 atau sekitar Rp.873.399.289. [rid/asl/timBX]

Tags :

#
land rover,
#
plug-in hybrid,
#
discovery sport phev,
#
range rover evoque phev