MENU
icon label
image label
blacklogo

KYMCO F9 Diluncurkan, Apa Saja Kelebihannya Sebagai Kendaraan Listrik Perkotaan?

DEC 02, 2020@18:00 WIB | 244 Views

Produsen skuter dan sepeda motor asal Taiwan, KYMCO, beberapa waktu lalu mengungkap beberapa model baru. Sesuai dengan tren elektrifikasinya selama beberapa tahun terakhir, pada model listrik 2021, KYMCO F9, juga ditambahkan ke jajaran perusahaan.

Chairman KYMCO Allen Ko mendeskripsikan F9 pada saat peluncurannya sebagai "Sepeda motor listrik perkotaan yang keren yang dilengkapi dengan motor listrik 9,4 kW dan dirancang untuk berkendara di jalan raya".

Itu semua mungkin benar, meskipun pasti lebih dari format skuter ketika kita melihatnya pada gambar yang tersedia. Selain semantic, KYMCO F9 adalah salah satu skuter listrik yang tampak lebih agresif dalam beberapa waktu terakhir.

Dengan kecepatan tertinggi 110 km/jam (68 mph), ini juga bukan hanya skuter listrik perkotaan. Cukup cepat untuk sesekali mencapai jalan raya, meskipun itu bukan tujuan utamanya.

Motor 9,4 kW tercatat menghasilkan torsi 30 Nm, tetapi itu ada di output shaft. Sebagian besar pabrikan memberikan angka torsi roda belakang yang lebih besar dan belum ada kabar dari KYMCO mengenai angka itu.

Paket baterai 96V dan 40Ah menawarkan kapasitas 3,84kWh, atau kira-kira setara dengan sepeda motor listrik Zero FX atau FXS level pemula. Baterai non-removable seberat 17 kg (37 lb) itu cukup untuk jarak 120 km (75 mil) berdasarkan New European Driving Cycle. KYMCO bahkan mengklaim dapat mengisi daya dengan cepat hanya dalam waktu 2 jam.

Tapi mungkin aspek paling menarik dari KYMCO F9 baru adalah transmisinya. Mengesampingkan transmisi langsung kecepatan tunggal khas yang ditemukan di hampir semua skuter listrik lainnya dan sebagian besar sepeda motor listrik, KYMCO memutuskan untuk menyertakan transmisi otomatis 2 kecepatan di F9.

Itu seharusnya memungkinkan untuk start torquier dan waktu 0-60 mph, meskipun KYMCO hanya menerbitkan 0-50 km/jam (0-31 mph), yang mencatat waktu 3 detik.

Desain unik dari sasis F9 menggabungkan baterai sebagai bagian yang tertekan, menurunkan bobot menjadi 107 kg (235 lb). Motor ini pun memiliki ban 14 inci dengan "grip menikung tinggi", yang menurut perusahaan akan menjadikan F9 "sepeda motor yang sangat menyenangkan dikendarai". [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kymco f9,
#
kendaraan listrik perkotaan,
#
kendaraan listrik