MENU
icon label
image label
blacklogo

KTM Luncurkan Jajaran Motorcross Baru: SX 2023

MAY 11, 2022@13:30 WIB | 183 Views

Jajaran motorcross KTM 2023 akan kembali menampilkan 12 motor dari listrik kecil hingga full-fat 450s. Di sisi pembakaran, rentang dua tak akan menampilkan 50cc, 65cc, 85cc mini seperti biasa, serta 'big bikes' 125cc, 250cc, dan 300cc. Lalu ada juga 250, 350 dan 450 empat tak SX-Fs. Sepanjang rentang, SX 2023 hanya akan menampilkan dua peta mesin, dengan satu untuk lebih soft dan lebih linier, tenaga yang dapat dikontrol, dan peta kedua yang lebih agresif. 

Pada SX-Fs saja, akan ada pengaturan sliding dan kontrol traksi, sedangkan two-stroke akan menampilkan EFI dan semua model dilengkapi dengan starter elektrik. Ada juga sensor roll-over pada motor untuk tabrakan keras, dan penyesuaian suspensi WP dapat dilakukan tanpa alat. Selain itu, KTM memanfaatkan kemitraannya dengan Pankl Racing Parts, Brembo, dan Keihin untuk menyempurnakan nuansa jajaran SX. “Kepala silinder terbaru akan menghasilkan peningkatan kinerja, tetapi rotasi mesin ke belakang sebesar 2 derajat telah memberikan sentralisasi yang lebih baik dan efek yang lebih mendalam untuk konsep sasis,” kata pihak KTM.

Ada juga gearbox Pankl lima kecepatan yang pada model four-stroke memiliki fitur perpindahan cepat dari gigi dua ke gigi atas. Ini dirancang untuk memuluskan fase akselerasi di tikungan, yang dapat memungkinkan motorcross berakselarasi lebih baik setelah melewati gundukan, dan memulai dengan gigi kedua dapat memungkinkan akselerasi lebih cepat keluar dari tikungan. KTM juga menyertakan kemampuan untuk menonaktifkan quick-shift.

Rangka baru, tunggangan baru, subframe, swingarm, reposisi mesin, suspensi baru dari WP dan ergonomi yang dikerjakan ulang semuanya telah dibawa ke SX 2023. Kemudian di bagian depan, KTM terus menyusuri air-fork route, yang tahun ini dilengkapi hydrostop baru untuk ketahanan dasar yang lebih baik.

Khususnya pada model dua tak, KTM telah mencoba untuk meningkatkan faktor kelincahan, dan untuk mencapai hal ini mereka telah menggerakkan pijakan kaki ke dalam untuk ground clearance sudut tinggi yang lebih besar di ruts atau saat melakukan scrub. KTM mengatakan, bahwa bagian pasak juga dibuat lebih ringan dari sebelumnya, tetapi dengan luas permukaan yang lebih besar.

Rentang SX 2023 juga akan datang dengan ban Dunlop MX33. Dunlop adalah merek pilihan KTM Amerika Utara, dan itulah yang digunakan Cooper Webb untuk memenangkan gelar 450SX 2019 dan 2021 dengan 450 SX-F, dan apa yang digunakan Marvin Musquin untuk memenangkan St. Louis Supercross Triple Crown tahun ini. Lalu berapakah harga dari SX 2023? Pihak KTM belum memberi informasi lebih lanjut. [dhe/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ktm,
#
motorcross,
#
ktm sx 2023