MENU
icon label
image label
blacklogo

Konversi ke Civic FA5 Si, Identitas Civic Tetap Proper dan Terjaga

AUG 25, 2021@11:00 WIB | 876 Views

Civic FD Tahun 2010 milik Jarot punya kelas tersendiri. Sisi original dan looknya terjaga sebagai klan Civic FD. Meski sudah widebody, ganti lampu depan dan milik Civic FA5, hasilnya look facelift FA5 Civic Si terlihat cukup baik dan tetap proper.  

Mengkombinasikan bumper depan milik Type-R Concept, dengan kap depan, dan grille terbilang cukup ribet. Begitu juga convert body belakang dengan kombinasi bagasi milik FA5. Convert body diserahkan Jarot ke bengkel Platinum Motorsport. Tarikan garis bodi terlihat inline dengan bumper Type R yang add-on. Hasilnya luar biasa, Convert FD ke FA5 Civic Si cukup memuaskan. 

"Gue masukin mobil ini ke Oktavino Platinum Motorsports, masih dengan konsep Honda Mugen RR. Semuanya diproses dan diadjust olehnya. Wide body depan belakang, bumper depan belakang. Radius fender dibikin dalam, untuk menampung velg SSR SP5 ukuran 19 lebar 10 dan 11 inci. Look wide body cenderung minimalis, meski sudah over fender," jelas Jarot ke Audi.

Bagian over fender juga diadjust cukup baik, meski menggunakan velg ukuran 19 lebar 11 inci dibelakang dan 10 inci di depan. Style chamber juga minimalis, Jarot tetap ingin mengembalikan Civic FD miliknya tetap bisa jalan, bahkan sudah pernah kopdar ke Solo, Jateng. 

Pilihan body orange terinspirasi orange candy xyralic gold, dengan pernis Glasurit anti UV 3 layer membuat pilihan warna yang cukup personal. Jarot memberikan referensi warna dari sang Istri, kepada Vino, punggawa Platinum motorsports. "Kesan sepintas, warna kalem, tapi sebenarnya ngejreng ke mata," tambah Jarot.

Penampilan Kaki-kaki ambles didukung instalasi air suspensi 2 channel milik AirPride.  Dipadukan dengan coilover Bag. Hairline membuat kaki-kaki kokoh dalam kondisi apapun. 

Tak kalah dengan exterior, bagian interior dipertahakankan standar namun dengan sedikit sentuhan di car audio. Memasang speaker 3 way gramound di bagian pintu depan, dan sebuah floating head unit. Audio Minimalis, ternyata suara knalpot tetap bisa masuk ke kabin. Jarot mempertahankan apa adanya dalam jalan panjang plus minus modifikasi.

Exhaust system Civic FD Orange miliknya didukung Akrapovic di BK Sport Knalpot, Cimahi Bandung. Hasil suaranya menderu, tapi tetap enak dan nyaman di telinga. Tak hanya saluran buangan, sektor mesin R18 telah dimodifikasi di bengkel AP Speed. 

"Instalasi double wiretuck, cam sudah diswitch. Digabungkan dengan Dasteck Uni X di Sigma Speed. Hasil Dyno Test after instalasi mencapai 160 hp," cetus Jarot.

Membangun mobil butuh emosional yang positif. Jarot butuh waktu 9 bulan. Menjaga sebuah komunikasi tetap baik dari workshop bengkel satu ke workshop lain. Pengetahuan terbesar dalam membangun mobil FD bagi Jarot diambil dari komunikasi dengan petrol head yang pengalaman di komunitas FD Squad Indonesia, FD Squad Chapter Bekasi.

"Jangan sampai memodifikasi Civic FD terus gagal, karena basic FD sudah sporty. Maka seyogyanya after modifkasi look sporty tetap terjaga dan proper. Arti modifikasi Kreativitas tanpa batas, dan itu dari hati. Setelah dimodifikasi mobil tetap punya soul," tutup Jarot.[Ahs/timBX] 


 

Tags :

#
modifikasi mobil,
#
modifikasi civic fd,
#
honda civic fa5 si,
#
fd squad indonesia,
#
fd squad chapter bekasi,
#
platinum motorsports,
#
ap speed jkt