MENU
icon label
image label
blacklogo

Konsep Geely Vision Starburst, Sebuah Desain Menuju ‘Arah Baru’

JUN 14, 2021@08:00 WIB | 139 Views

Geely Vision Starburst merupakan sebuah visi desain baru yang digambarkan sebagai ‘ekspresi baru dan alternatif’ dari filosofi desain 'Expanding Cosmos' bagi para produsen mobil. Dibuat oleh Geely Design Shanghai, showcar akan berfungsi sebagai papan desain untuk model Geely masa depan.

“Filosofi Expanding Cosmos berfungsi sebagai inspirasi konstan bagi desainer kami untuk menemukan bahasa desain baru dan holistik yang memenuhi jangkauan pelanggan kami yang terus berkembang dan semakin beragam,” kata Guy Burgoyne selaku Vice President Geely Desain Shanghai.

“Seperti kelahiran bintang baru, ide-ide dari tim desainer global kami yang berbakat digabungkan, menyatu dan pecah, menghasilkan lahirnya ekspresi desain baru, visi baru, yaitu Vision Starburst kami.”

Inspirasi untuk Vision Starburst berasal dari fenomena di mana nebula-nebula cemerlang dan elemen-elemen luar biasa bersatu, bergabung, melebur dan akhirnya meledak menjadi bintang-bintang baru. Setiap konsep desain baru adalah hasil dari kombinasi, fusi dan erupsi ide-ide berbeda yang menjadi produk bintang baru yang memperkaya pasar, seperti yang ditegaskan Geely.

Dalam Vision Starburst, desainer Shanghai dari Geely menciptakan kesatuan antara eksterior dan interior, warna dan material, serta mobil dan pengguna. Dalam bentuk desain konseptual, energi yang besar dan tegangan luar yang konstan menghasilkan bentuk permukaan melengkung yang tampak tegas. Detailnya mengambil inspirasi dari sinar bintang dan gelombang di lipatan dan persilangan garis dan permukaan.

Aspek yang paling mencolok secara visual dari Vision Starburst ada di bagian depan. Ada perubahan besar dari kisi-kisi yang sempat disebutkanGeely. Pola baru Vision Starburst tampak unik, dikombinasikan dengan desain pencahayaan baru, menciptakan efek yang menggemakan tema pelepasan energi dari ledakan bintang.

Konsep bahwa lampu depan adalah mata kendaraan juga ‘disingkirkan’ karena desainer Geely membayangkan kendaraan futuristik dilihat melalui sensor berteknologi tinggi. Seluruh kendaraan secara visual memanjang dari tengah ke samping, atas dan bawah, memberikan kendaraan aura yang lebih kuat dan lebih tiga dimensi.

Garis bodi Vision Starburst tampak menyatu dengan panel pintu, menjadikan konsep tersebut seperti menyembunyikan sesuatu.

Beralih ke sisi interior, panel pintu interior dirancang agar sesuai dengan karakteristik eksterior. Strip lampu Cosmic Ray membantu menyatukan desain interior dan eksterior. Di atas konsol tengah tampak mengambang, shifter mengambil bentuk geometris aerodinamis yang berlubang. Empat garis cahaya menyala untuk menampilkan pengaturan gigi yang berbeda.

Instrumen dalam Vision Starburst menyatu dengan cahaya sekitar di dasbor dan panel pintu untuk menciptakan ‘pengalaman visual tanpa batas’ dengan pengguna sebagai pusatnya. Instrumen tanpa batas dan transmisi info tanpa batas akan mengubah cara pengguna berinteraksi dengan kendaraan, atau dengan kata yang lebih menarik adalah pengalaman sensorik yang sama sekali baru.

Misi menampilkan teknologi canggih dan mobilitas telah diterapkan pada lengkungan roda, dengan efek pencahayaan yang berbeda juga akan menyorot Vision Starburst saat dalam keadaan berbeda, misalnya saat mengisi daya, bergerak atau parkir. Hal ini juga terjadi di sisi interior, di mana pencahayaan sekitar, suara dan suasana juga berubah tergantung pada kondisi kendaraan, menyampaikan informasi kepada pengguna dengan cara baru.

Tim desain Geely memastikan bahwa interaksi pencahayaan dari luar ke dalam, memberi pengguna rasa kecepatan dan pengalaman berkendara baru.

Sekali lagi, produsen mobil yang berbasis di Hangzhou mengatakan bahwa Vision Starburst adalah arah baru untuk Geely's Expanding Cosmos, sebuah rangkaian pemikiran alternatif yang menantang gagasan tradisional tentang perilaku manusia dalam berkendara.

Meski konsep Vision Starburst tidak akan dibuat menjadi mobil produksi, Geely mengatakan bahwa banyak aspek dari bahasa desain baru akan diterapkan pada desain mobil di masa depan. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
konsep geely vision starburst,
#
geely vision starburst,
#
geely design shanghai,
#
desain expanding cosmos,
#
kendaraan listrik