MENU
icon label
image label
blacklogo

Komparasi Dua Crossover Jepang, Honda CR-V vs Mazda CX-5 2020, Pilih Mana?

JAN 04, 2021@16:30 WIB | 241 Views

Honda CR-V dan Mazda CX-5 adalah dua SUV kompak terkemuka di pasar. Keduanya menawarkan paket yang menarik, tetapi mereka datang dari berbagai ujung spektrum. CR-V familiar, fungsional dan efisien, sedangkan CX-5 menawarkan pengalaman mewah dengan powertrain opsional yang sesuai. Berikut di bawah ini, kami mencoba membandingkan dua SUV populer ini dalam beberapa kategori untuk membantu Blackpals menentukan mana yang terbaik?.

Eksterior

CR-V memakai desain konservatif dan familiar, sedangkan CX-5 menawarkan gaya premium dan cantik di trim atasnya. Bagian depan CR-V menggabungkan trim krom dan black plastic trim serta pada trim atas, lampu depan LED berhiaskan berlian. Di bagian belakang, CR-V masih memakai lampu belakang vertikal, elemen desain yang sudah diterapkan CR-V sejak generasi pertama. Meskipun cukup mendasar, tidak berlebihan untuk menyebut bahasa desain CR-V sebagai futuristik.

CX-5 memakai lengkungan gaya kelas atas. Lampu depannya sejajar dengan tanah dan braket gril pentagonal dengan keliling krom. Jika dilihat dari profil samping, ujung depan CX-5 hampir vertikal. Di bagian samping, panel pintu CX-5 melengkung dan tanpa garis yang jelas, sementara di belakang, lampu belakangnya sempit dan menggabungkan elemen desain melingkar. Secara keseluruhan, semuanya fitur CX-5 diatas berfungsi, meskipun bergaya subjektif, hanya sedikit orang yang akan berdebat dengan Anda jika Anda menyebutnya SUV kompak paling tampan.

Pedalaman

Bahasa desain eksterior kedua mobil kendaraan ini dibawa ke interior mereka. CR-V sangat fungsional, sedangkan CX-5 mewah. Sementara sebagian besar Honda telah beralih ke push-button gear selector, CR-V masih menggunakan tuas persneling jadul, seperti halnya CX-5. Di dalam, CR-V menawarkan material berkualitas tinggi dan desain yang cerdas, tetapi dibandingkan dengan CX-5, CR-V tidak ada yang istimewa. Ini menjelaskan lebih banyak tentang CX-5, daripada CR-V, karena interior Mazda dengan mudah menjadi yang terbaik di segmennya, terutama pada trim Signature high-end. Warna interior cokelat dan perkamen kelas atas ditawarkan, begitu pula headliner suede. CX-5 menggunakan knob yang dipasang di konsol tengah untuk mengoperasikan sistem infotainmentnya, sedangkan CR-V hanya mengandalkan kontrol sentuh.

Secara keseluruhan, jika Anda menginginkan penyempurnaan, CX-5 memiliki interior yang lebih baik, sedangkan CR-V lebih mengutamakan fungsionalitas dan nilai. Sementara dimensi interior kedua kendaraan sebagian besar serupa, CR-V menawarkan area kargo yang lebih besar daripada CX-5. Di belakang, CR-V menawarkan ruang 39 kaki kubik (39 ribu kg) dan CX-5 kaki 31 kaki (31 ribu kg). Sedangkan lipat baris kedua mereka, Honda memiliki 76 kaki kubik (76 ribu kg) dan Mazda 60 meter kubik (60 ribu kg).

 Mesin

Sementara mesin CR-V 4 silinder 2.5 liter sebelumnya ditawarkan pada trim dasar, semua trim CR-V kini hadir standar dengan 1.5 liter turbocharged 4 silinder untuk tahun 2020. Powertrain ini mengeluarkan tenaga 190 tenaga kuda dan torsi 175 lb-ft. dan dipasangkan dengan transmisi variabel kontinu . Model penggerak roda depan menghasilkan 30 mil per galon dalam kombinasi mengemudi, sementara contoh all-wheel-drive bersih 29 mpg digabungkan. CR-V mendapat opsi hybrid baru untuk tahun 2020. Di bawah kap CR-V Hybrid akan menjadi 2.0-liter 4-silinder yang dipasangkan dengan unit hybrid dua mode yang menghasilkan total 212 hp. Sementara angka penghematan bahan bakar untuk CR-V Hybrid baru belum dirilis, diharapkan dapat mengembalikan sekitar 40 mpg dalam kombinasi mengemudi.

Sedangkan CX-5 menekankan kenikmatan berkendara dan menawarkan dua opsi mesin yang berbeda, meskipun tidak ada yang hybrid. Trim terendah hadir dengan mesin 2.5 liter 4 silinder yang menghasilkan 187 hp dan torsi 186 lb-ft. Penghematan bahan bakar untuk mesin dasar datang pada 28 mpg dikombinasikan dengan FWD atau 26 mpg dikombinasikan dengan AWD. Standar pada trim Grand Touring Reserve dan Signature adalah versi turbocharged yang lebih bertenaga dari 2.5 liter 4 silinder. Dalam aplikasi ini, outputnya 250 hp dan torsi 310 lb-ft yang mengesankan. Penghematan bahan bakar untuk turbo datang pada 25 mpg dikombinasikan dengan FWD, atau 24 dikombinasikan dengan AWD. Sementara Mazda telah menjanjikan powertrain diesel untuk CX-5 selama beberapa tahun dari sekarang, namun dikonfirmkasikan bahwa CX-5 bertenaga diesel akan benar-benar mulai dijual di AS.

Fitur & Teknologi

Baik CR-V dan CX-5 menawarkan Android Auto dan Apple CarPlay kecuali pada level trim dasarnya. Fitur penting lainnya yang ditawarkan pada CR-V termasuk panoramic sunroof, foot-activated power rear lift gate, jok power driver 8 arah, heated steering wheel, sistem audio premium 9 speaker, dan wiper kaca depan sensor hujan.

Meskipun tidak dapat dimiliki dengan panoramic sunroof atau foot-activated rear lift gate, CX-5 menawarkan beberapa fitur kelas atas yang tidak dapat Anda peroleh pada CR-V. Ini termasuk ventilated front seats, heated rear seats, head-up display, sistem kamera 360 derajat, dan kaca spion lipat. Ada juga sistem audio Bose yang tersedia dan banyak lagi.

Keamanan


 

Dalam uji tabrak yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety, CX-5 dan CR-V memperoleh skor Baik di semua kategori utama. CX-5 memimpin di antara SUV kompak, mendapatkan penghargaan Top Safety Pick +, sementara CR-V tidak terlalu jauh di belakang, mendapatkan penghargaan Top Safety Pick sendiri.

CR-V 2020 dan CX-5 2020 hadir standar dengan berbagai teknologi keselamatan aktif. Fitur-fitur ini termasuk forward-collision warning with front automated emergency braking, adaptive cruise control, lane-departure warning with lane-keeping assist dan automatic high beams. CX-5 juga blind spot monitoring with rear cross-traffic alert, sementara CR-V mendapatkan fitur ini pada trim EX-nya, yang merupakan salah satu model dasar.

Harga


 

Honda CR-V dibandrol mulai dari harga Rp463,9 juta, sedangkan Mazda CX-5 ditawarkan mulai dari harga Rp499,8. Semua harga ini sudah termasuk On The Road

Kesimpulan

Meskipun mereka adalah SUV kompak berukuran serupa, Honda CR-V 2020 dan Mazda CX-5 2020 kemungkinan akan menarik pembeli yang berbeda. Keduanya menawarkan kualitas yang baik, peringkat keamanan yang luar biasa, dan serangkaian teknologi yang tersedia. Karena CR-V berfokus pada fungsionalitas, ruang, dan efisiensi, terutama dengan diperkenalkannya trim hybrid baru untuk tahun 2020, kemungkinan akan lebih menarik bagi keluarga kecil yang tidak membutuhkan tiga baris kursi dari kendaraan utama mereka.

Sedangkan Mazda CX-5, di sisi lain, lebih mengarah pada gaya, kemewahan dan kesenangan berkendara. Dengan salah satu dari dua pilihan mesin yang tersedia pada kendaraan, pembeli harus menemukan bahwa CX-5 memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik jika dibandingkan dengan SUV kompak lainnya, sementara interiornya setara dengan penawaran banyak pembuat mobil mewah. Karena kedua kendaraan ini memiliki harga yang sama, Nah, silahkan Blackpals menilai sendiri, crossover mana yang akan dimiliki? [ibd/timBX]

Tags :

#
komparasi dua crossover jepang,
#
onda cr-v vs mazda cx-5 2020,
#
onda cr-v,
#
mazda cx-5 2020