MENU
icon label
image label
blacklogo

Koenigsegg Jesko Absolut Diklaim Mencapai Akselerasi Tertinggi 500 kph

MAR 10, 2020@09:00 WIB | 546 Views

New Jesko Absolut bagian dari hypercar Koenigsegg yang dipersiapkan untuk yang tercepat. Kemunculan Jesko sebenarnya adalah upaya mempersiapkan market baru hypercar dengan harga lebih terjangkau, dibawah Rp16 miliar (1 Juta euro). Sekaligus meneruskan kampanye atas mesin hybrid dengan high performance, seperti McLaren, Porsche, Ferrari, bahkan Koenigsegg juga meluncurkan model hybrid dengan Gemera. 

Bugatti sendiri yang head to head dengan Koenigsegg selangkah terdepan setelah menelurkan catatan waktu 304,77 mph atau sekitar 490 kph. Serangkaian tes dilakukan di Volkswagen Group Ehra Lessien di Jerman, dan menetapkan sebagai mobil produksi tercepat di dunia. Sementara catatan waktu tercepat sebelumnya dipegang Koenigsegg Agera RS dengan 277,9 mph (mencapai 445,78 kph) pada lintasan Nevada Highway. 

Sebagai amunisi baru, Koenigsegg mempersiapkan hypercar terbaru Jesko, yang diberinama Jesko Hypercar. Mobil ini dikembangkan dengan satu pertimbangan kecepatan tertinggi. Salah satu pendukungnya, adalah aerodinamika yang disetup untuk meminimalisasi gesekan udara. Koenigsegg mencatatkan koefisien dragnya cukup rendah 0,278 Cd, sebagai maha karya otomotif.

Memangkas rear wing, dan menggantinya dengan fins menjadi titik tumpu kestabilan. Akibatnya, downforce yang diberikan memangkas beban 1360kg saat mobil berakselerasi hanya dengan beban 149kg. 

Selain itu splitter depan dan winglets juga dihapus. Digantikan dengan beberapa panel yang lebih halus pada bodi. Menambahkan jarak renggang 3,35 inci memberikan efek airflow lebih baik. Termasuk pilihan velg dengan jarak palang lebih lebar. Perpaduannya lebih minimalis, namun dengan cekungan airscoop yang mendalam antara pilar A dan B.

Mesin 1600 hp Jesko dihasilkan dari dapur pacu V8 berkubikasi 5.0 liter, twin turbocharged. Pengujian menggunakan bahan bakar E85 diharapkan akan lebih cepat dari mobil produksi lainnya, termasuk si Bugatti Chiron Super Sport 300+. Rumornya kecepatannya bakal menyentuh 500 kph sebagai klaim internal Koenigsegg.

Komitmen Koenigsegg salah satunya tidak akan memproduksi mobil lebih cepat dari 500 kph.  Artinya masa depan hypercar terus terbuka, dan tak perlu kehilangan kepercayaan karena klaim internal Koenigsegg.Kita tunggu saja pengujian di lintasan atas klaim-klaim paper yang dikampanyekan, bila itu terbukti BlackPals. [Ahs/timBX]  


 

Tags :

#
koenigsegg,
#
koenigsegg jesko,
#
koenigsegg jesko absolut,
#
koenigsegg gemera,
#
bugatti chiron supersport 300