MENU
icon label
image label
blacklogo

Koenigsegg CC850 Debut Dengan Tenaga 1.385 HP Dan Transmisi Manual

AUG 22, 2022@20:00 WIB | 492 Views

Sulit dipercaya bahwa Koenigsegg CC8 pertama kali diluncurkan 20 tahun yang lalu. Warisan selama 20 tahun tersebut dihormati dengan diluncurkannya Koenigsegg CC850, kendaraan yang terlihat hampir identik dengan model supercar dari tahun 2002 tersebut.

Namun, model baru ini hadir sangat berbeda, terutama pada bagian mesin, CC850 akan hadir dengan shifter manual enam percepatan (dengan kopling).

Informasi detail memang masih cukup sedikit tentang CC850, tetapi Koenigsegg mengatakan mesin V8 5.0 liter twin-turbochargednya bersumber dari Jesko yang dapat menghasilkan 1.385 tenaga kuda (1.033 kilowatt) dalam pengaplikasian saat menggunakan bahan bakar E85.

Pada bensin normal, tenaga turun menjadi hanya 1.185 hp (884 kW). Torsi maksimum adalah 1.022 pon-kaki (1.385 Newton-meter) dan berat CC850 adalah 1.385 kilogram (3.053 pon).

Seperti halnya mesin, "transmisi light speed" sembilan kecepatan Jesko juga dipasang ke CC850. Namun, lihat ke dalam kokpit yang diperbarui secara menyeluruh dan Anda akan melihat tuas persneling manual dalam kotak enam kecepatan. Selain itu ada juga pedal kopling.

Namun pada dasarnya system transmisi CC850 semuanya bersifat elektronik. Koenigsegg "mengikat" operasi pedal kopling dan perubahan gigi mekanis ke gearbox sembilan kecepatan multi-kopling. Hasilnya adalah sesuatu yang Koenigsegg sebut sebagai transmisi TWMPAFMP yang adalah singkatan dari The Worlds Most Powerfull And Fastest Manual Production Car.

Dalam mode manual, CC850 melaju seperti mobil dengan girboks manual biasa. Hanya enam percepatan dari transmisi sembilan percepatan yang tersedia pada waktu tertentu, namun, roda gigi tambahan akan aktif tergantung pada mode penggerak. Dengan demikian, semua sembilan percepatan akan dapat diakses. Anda hanya perlu mengganti mode untuk mendapatkan sembilan percepatan tersebut.

Untuk performa, Koenigsegg belum siap untuk membagikan statistik spesifiknya. Dengan kekuatan yang lebih kecil dari Jesko, ia tidak akan bersaing untuk mendapatkan gelar kecepatan tertinggi, tetapi dengan lebih dari dua kali lipat kekuatan CC8S asli, tentu saja mobil ini sangat cepat.

Koenigsegg hanya akan membuat 50 unit CC850 untuk memperingati ulang tahun ke-50 pendiri perusahaan, Christian von Koenigsegg. Harga dan ketersediaan akan diumumkan kemudian. [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
koenigsegg,
#
koenigsegg cc850,
#
cc850