MENU
icon label
image label
blacklogo

Klan Baru Adventure Ducati Hadir, DesertX Uji Enduro di Bromo, Begini Spesifikasinya

NOV 21, 2022@17:42 WIB | 1,113 Views

Segmen adventure roda memang menjadi pasar paling yang terbilang gurih. Karenanya, motor bergenre adventure cukup cocok dengan kontur medan di Indonesia, perbukitan, pegunungan, memadukan tanah dan aspal. Atas pertimbangan itulah PT Glamour Auto Boutique memperkenalkan DesertX dipenghujung tahun 2022 ini, setelah 2 tahun silam membawa Desert Sled ke Indonesia. 

Masih dengan klan Desert, Ducati Desert X terlahir dengan desain yang cukup organik ala adventure serta ergonomis. Desain adventure diperjelas dengan crashbar, underbelly, serta windshiled statis dikombinasi dual lamp dan fairing sebagai rumah dari filter udara. 

Suspensi depan KYB berdiameter 46mm yang sudah adjustable. Dilengkapi dengan dual disk  berdiameter 320mm, dikawinkan dengan kaliper Brembo Monobloc 4 piston berteknologi ABS dari Bosch.

Mesin karismatik L-Twin 937cc, bertenaga 110 hp, dengan torsi 92 Nm. Ducati Desert X punya seat height 873mm, yang bakal head to head dengan Husqvarna Norden 901, Aprilia Tuareg, Honda Africa Twin dan BMW F850GS.

Ducati DesertX motor berjenis off-road bahkan disebut sebagai, yang secara efektif memperluas batas dari apa yang bisa terjadi dilakukan dengan Ducati. Bukit pasir gurun, jalur off-road sempit, jalan berkerikil, dan tikungan pegunungan: dengan DesertX mimpi untuk menjelajahi segala medan layaknya Enduro Dakar.

Kombinasi roda depan 21” dan belakang 18”, DesertX baru telah dirancang untuk mengatasi medan off-road yang paling berat sekalipun. Desain DesertX mewakili interpretasi kontemporer dari garis sepeda motor Enduro tahun 80-an, yang dibuat oleh Ducati Centro Stile sesuai dengan kriteria esensialitas serta daya tahan. 

Tata letak sasis Ducati DesertX baru mencakup rangka teralis dengan bahan yang baru, dikombinasikan dengan suspensi yang memiliki langkah panjang dan dapat disetel secara khusus, untuk memastikan pengoperasian yang efektif bahkan dalam kondisi offroad yang paling berat sekalipun. 

Pengembangan ergonomi dari motor DesertX dilakukan pada sesi uji off-road dan aspal yang panjang dan berat. Triangulasi Jok - pijakan kaki - stang memberikan posisi kombinasi terbaik saat berdiri serta memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi, bahkan saat berkendara di jalan raya.

Mesin Testastretta 937 cm3 berkatup Desmodromic Testastretta 11° dan berpendingin cairan adalah inti dari DesertX baru. Mesin ini memiliki karakter dalam keandalan yang sangat baik, mesin ini menghasilkan 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5, bertransmisi 8 percepatan. 

DesertX baru hadir dengan 6 Mode Berkendara yang bekerja dalam kombinasi dengan 4 Mode Daya - Full, High, Medium, Low - yang mengubah tenaga dan daya tanggap mesin Testastretta. Fitur utama yang terbaru adalah 2 pengaturan khusus untuk mode berkendara Enduro dan mode berkendara Rally, selain mode berkendara lainnya yang tersedia seperti mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet.

Eja Donalsha, Chief Operating Officer Ducati Indonesia,  “Dengan diluncurkan nya produk DesertX, kami yakin akan menjadi acuan baru sepeda motor offroad maupun adventure di segmen premium Indonesia. Kemampuan DesertX menjelajah sudah kami buktikan dengan mencoba nya melintasi area Bromo, Jawa Timur!” DesertX akan menjadi tulang punggung penjualan Ducati Indonesia di tahun 2023 nanti, dan Desert X kami jual dengan harga 575 Jt rupiah off the road.”[Ahs/timBX]
 

Tags :

#
ducati indonesia,
#
ducati desert x,
#
legenda motor indonesia